Politeknik Pelayaran Sorong Road Show di Manokwari | Pasific Pos.com

| 17 November, 2019 |

Politeknik Pelayaran Sorong Road Show di Manokwari

Papua Barat Penulis  Senin, 18 Maret 2019 06:54 1
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Guna mempromosikan politeknik pelayaran Sorong bagi generasi muda di Provinsi Papua Barat dan sekaligus penerimaan taruna Politeknik Pelayaran Sorong, Cendrawasih Gita Bahari Marcing Band Politeknik Pelayaran Sorong melakukan Road Show di Kabupaten Manokwari dan Manokwari Selatan, Minggu 17-19 Maret 2019.

Pantuan Tabura Pos, Cendrawasih Gita Bhari Marcing Band melakukan aktraksi Dram Band di wilayah Manokwari dari Fasharkan AL Manokwari menyusuri jalan Yos Sudarso-jalan Merdeka menuju Lapangan Borarsi Manokwari.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat Agustinus Kadakolo sangat bersyukur karena di Papua Barat saat ini sudah ada sekolah pelayaran yang menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) ataupun taruna kelautan di Indonesia khusus di wilayah Timur Indonesia.

“Politeknik Pelayaran Sorong  merupakan sekolah di bawah naungan Kementerian Perhubungan Indonesia yang ada di Papua Barat.  Kehadiran Politeknik Pelayaran Sorong ini bukan saja untuk menjawab kebutuhan kelautan di Papua dan Papua Barat saja, tetapi taruna dan taruni Politeknik Pelayaran Sorong juga menjawab kebutuhan di seluruh Indonesia. Secara nasional, sehingga mereka direkrut untuk menjadi taruna dan taruni di Politeknik Pelayaran Sorong,” jelas Kadakolo dalam sambutannya kemarin.

Kadakolo mengatakan, jika pemerintah daerah tetap mendukung kehadiran Politeknik Pelayaran Sorong. Diharapkan, ini menjadi peluang bagi putra-putri Papua untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik Sorong, dan menjadi pelaut yang handal di Indonesia.

Kepala Politeknik Pelayaran Sorong, Heru Widada dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat yang telah menerima kegiatan Road Show dalam rangka penerimaan taruna tahun 2019.

“Perjalanan kami dari Sorong menuju Manokwari menggunakan Kapal Latihan, Balai Pendidikan Pelatihan Ilmu Pelayaran Sorong yang akan berubah status sebagai Politeknik Pelayaran Sorong,” tukasnya.

Heru menegaskan, meski baru, namun Politeknik Pelayaran Sorong kedudukan dan ijazahnya sama dengan Politeknik Pelayaran yang ada di wilayah lain di Indonesia. Politeknik Pelayaran Sorong, merupakan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran yang dibawahi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang fokus pada 3 jurusan, yakni Nautika, per-mesinan kapal, dan manajemen transportasi laut.

“Kami akan melaksanakan penerimaan siswa baru, akan dimulai periode April 2019 dan ditutup Juli 2019. Besok kami akan melakukan sosialisasi kepada seluruh sekolah-sekolah di wilayah Manokwari yang akan dipusatkan di Gedung Wanita Manokwari.

“Kita Akan berikan pencerahan kepada adik-adik dari SMK maupun SMA seperti apa kedepannya, kalau kita menempuh pendidikan di Politeknik Pelayaran Sorong, dan bagaimana sistem pendidikan serta bagaimana lapangan pekerjaan setelah lulus dari Politeknik Pelayaran Sorong,” terang Heru.

Hadirnya Politeknik Pelayaran Sorong, menurutnya sudah sejalan dengan prgram nawacita Presiden RI, bahwa Indonesia yang direncanakan sebagai poros maritim dunia dan menciptakan tol laut butuh dukungan dan penyiapan SDM yang mumpuni agar program tersebut dapat berjalan lancar. [FSM-R3]

Dibaca 432 kali

1 comment

  • Comment Link Muhammad Lifandri Rabu, 30 Oktober 2019 13:22 posted by Muhammad Lifandri

    Semoga PIP Sorong Papua Barat,segera di resmikan.
    Karena di sana harapan kami anak anak timur untuk berpartisipasi dalam proses belajar.amin...

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.