Deiyai Kota Wisata | Pasific Pos.com

| 22 July, 2019 |

Deiyai Kota Wisata

Beri rating artikel ini
(0 voting)

WAGHETE - Obyek wisata yang ada di Kabupaten Deiyai adalah Danau Tigi. Danau Tigi, danau yang memiliki kedalaman 150 meter. Danau Tigi terbentang ditengah Lembah Tigi, menjadi idola bagi mereka, selain memberikan suasana yang sejuk bagi siapa saja yang memandang dan melintasi wilayah itu karena panorama yang pesona.

Dengan daya tarik danau tersebut menurut Bupati Kabupaten Deiyai Ateng Edowai, Minggu (17/3) kemarin saat ditemui media ini mengatakan Kabupaten Deiyai suatu saat akan jadi kota wisata.

Harapan saya kedepan ini Deiyai itu akan menjadi kota wisata. Ketika jalan antara deiyai dan timika akan bersatu. Harapan saya turis-turis dari mimika itu pasti akan rame di deiyai. Karena deiyai itu terletak sebuah danau yang di apit antara dua gunung besar yaitu gunung deiyai dan gunung wayai, katanya.

Namun untuk menjadi kota wisata perlu penataan kota, mulai dari jalan, pusat kota, batas-batas kota, batas kampung-kampung, batas-batas kota Kabupaten, penataan pasar sesuai dengan rancangan RT/RW.

Wajah kota Waghete belum Nampak, jalan dua jalur itu dimana, pelebaran jalan, titik pusat kotanya dimana. Saya akan berusaha untuk jalan dua jalur dulu setelah itu kita akan buat bangun batas-batas distrik-distrik, kampung-kampung, batas Kabupaten nanti saya akan bikin gapura, tuturnya.

Kalau di waghete sendiri lanjut Bupati, untuk titik kotanya akan saya buat bundaran. Sudah saya perintahkan kepala kepala dinas PU dan Bapeda untuk rancangan RTRW itu di tata baik mulai dari sekarang, kemudian kios-kios dan pemukiman, perumahan masyarakat, rumah ibadah, sekolah yang dibangun dibadan jalan harus dibongkar semua, untuk pelebaran. Untuk kios-kios mulai pindah di komplek pasar baru dengan tidak membeda-bedakan suku, pungkasnya. (cacang)

Dibaca 110 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.