Nelayan Lokal Perlu Perhatian Khusus | Pasific Pos.com

| 17 July, 2019 |

Anggota DPR RI Fraksi Nasdem, H. Sulaiman L. Hamzah (foto:iis) Anggota DPR RI Fraksi Nasdem, H. Sulaiman L. Hamzah (foto:iis)

Nelayan Lokal Perlu Perhatian Khusus

Papua Selatan Penulis  Jumat, 15 Maret 2019 10:09 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Anggota DPR RI Fraksi Nasdem, H. Sulaiman L. Hamzah mengemukakan bahwa nelayan lokal harus terus digenjot agar mereka juga mendapat porsi yang sama, baik untuk produksi maupun yang terkait dengan perlindungan bagi mereka.  Oleh sebab itu UU No.7 Tahun 2016 disosialisasikan dan ini baru pertama kalinya untuk Kabupaten Merauke dengan harapan dapat diterapkan secara efektif oleh masyarakat di wilayah Papua khususnya di Kabupaten Merauke. Pasalnya, potensi ikan yang ada di daerah ini sangat besar dan tercatat dalam sejarah Merauke mengalami peningkatan hingga menembus angka 300%. Oleh sebab itu dengan adanya peningkatan ini pihaknya berharap masyarakat akan terus terpacu untuk itu.

“Sayangnya masih ada sesuatu yang memang belum kita rasakan secara keseluruhan di wilayah perairan Papua.  Sebab produksi ikan yang meningkat itu ada pada nelayan level menengah yang sudah menggunakan armada tangkap yang baik sehingga tercatat sebagai peningkatan produksi sejak 2015 sampai sekarang dengan angka 300%,” ujarnya kepada wartawan di Kantor Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Merauke belum lama ini.  

Lebih lanjut ia menjelaskan,  di dalam UU No.7 Tahun 2016 ini tercantum soal asuransi nelayan dan mereka harus bisa mendapatkannya termasuk juga dengan fasilitas tangkap mereka. Oleh sebab itu pihaknya akan berupaya untuk memfasilitas dan terus menjalin komunikasi dengan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan sehingga porsi nelayan lokal juga dapat diakomodir bahkan lebih diperbesar.  “Mereka para nelayan lokal yang sebenarnya menjadi perhatian khusus kami dimana alat tangkap yang digunakan sangat sederhana namun mampu menghidupi keluarga.

Dibaca 98 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.