IKM Baru Diharap Hadir Di Merauke | Pasific Pos.com

| 26 May, 2019 |

Anggota Komisi VI DPR RI, Steven Abraham Saat Menyerahkan Bantuan (foto:iis) Anggota Komisi VI DPR RI, Steven Abraham Saat Menyerahkan Bantuan (foto:iis)

IKM Baru Diharap Hadir Di Merauke

Papua Selatan Penulis  Kamis, 14 Maret 2019 08:37 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Anggota Komisi VI DPR RI, Steven Abraham mengemukakan bahwa dengan diadakannya kegiatan pelatihan dalam rangka penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru IKM di Merauke maka diharapkan dapat memperoleh IKM-IKM baru untuk ke depan. Dalam hal ini pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian mengingat dirinya berasal dari Dapil di Papua khususnya Merauke sehingga dipandang tepat jika membidik sasaran peserta dari Merauke. Seluruh pendanaan ditanggung oleh pihak kementerian dan selain pendanaan, sejumlah IKM juga mendapat bantuan peralatan sehingga dapat digunakan untuk praktek di lapangan secara langsung.

Totalnya cukup besar hingga mencapai hampir 2 milyar dan dibagi untuk tiga bidang. Bantuan-bantuan tersebut selanjutnya akan dikelola secara perkelompok. “Untuk Merauke cukup banyak jenis usaha yang dilakukan namun saya hanya fokus pada 6 jenis usaha saja yaitu di bidang furniture, makanan ringan, kerajinan kulit buaya, pembuatan batu bata, perbengkelan las dan roda dua,”ujarnya kepada wartawan di Swiss-Belhotel belum lama ini.

Lebih lanjut dikemukakan, alasan membidik jenis-jenis usaha tersebut karena dinilai paling banyak dilakukan di Merauke dan memiliki potensi yang cukup bagus. Oleh sebab itu sangat tepat jika menjadi fokus utama karena jika membidik jenis usaha yang sama sekali belum potensial tentu akan sangat disayangkan. Ia mengharapkan kegiatan yang dilaksanakan kali ini menjadi awal, bukan berarti berhenti begitu saja. Ia juga telah meminta pihak kementerian untuk dapat memperhatikan  usaha kopra yang ada di Okaba karena potensinya begitu luar biasa. Kementerian nantinya akan membantu pendanaan namun dari pihak daerah harus dapat mempersiapkan hal-hal penting yang dibutuhkan antara lain dari aspek bahan baku yang harus jelas, manfaatnya serta studi terkait dengan kapasitas dan lain sebagainya sehingga skalanya akan menjadi skala industri.

Dibaca 80 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.