Kesadaran Masyarakat Mengurus Dokumen Kependudukan Kian Tinggi | Pasific Pos.com

| 24 June, 2019 |

Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Jayapura, Edi Susanto. Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Jayapura, Edi Susanto.

Kesadaran Masyarakat Mengurus Dokumen Kependudukan Kian Tinggi

Kabupaten Jayapura Penulis  Selasa, 12 Maret 2019 21:22 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Kesadaran masyarakat Kabupaten Jayapura dalam mengurus dokumen kependudukan dinilai terus mengalami peningkatan.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadispendukcapil) Kabupaten Jayapura, Edi Susanto kepada wartawan saat ditemui diruang kerjanya,  Selasa (12/3/19) siang.

Menurut pria yang juga menjabat Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura ini, tingginya kesadaran masyarakat tersebut seiring dengan semakin dibutuhkannya dokumen kependudukan dalam mengakses pelayanan publik seperti pendidikan, kesehatan,  perbankan dan lain sebagainya.

Saat ini, kata Edi pihaknya dalam sehari dapat melayani sebanyak 200 hingga 380 masyarakat yang datang dari berbagai distrik untuk mengurus dokumen kependudukan.

"Ya, kita cukup berbangga karena hasil dari sosialisasi-sosialisasi yang kita lakukan untuk penyadaran kepada masyarakat, guna melakukan proses-proses administrasi kependudukan ini sudah dirasakan atau sudah mulai diikuti oleh masyarakat dengan banyaknya animo masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan, baik yang mau masuk atau keluar dari Kabupaten Jayapura, serta banyak pemilih-pemilih pemula yang punya kesadaran tinggi untuk mengurus administrasi kependudukannya," ungkapnya.

"Dengan artian, kesadaran masyarakat sudah semakin bagus atau tinggi dalam rangka kepemilikan atau mengurus dokumen-dokumen kependudukan. Ini tidak terlepas karena hampir semua urusan keperdataan itu sudah persyaratan utamanya adalah KTP-el dan Kartu Keluarga (KK), sehingga masyarakat untuk bisa memiliki KTP-el dan mengurus atau mengupdate KK tersebut. Termasuk akte-akte pencatatan sipil yang lain dan animonya juga sudah cukup tinggi," lanjutnya.

Selain itu untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai dokumen kependudukan, pihaknya juga melaksanakan program jemput bola dengan turun langsung ke lapangan, ke sekolah-sekolah SMA dan melakukan perekaman KTP-el di Lapas Narkotika Doyo Baru.

Edi Susanto menambahkan seluruh pengurusan maupun penerbitan dokumen kependudukan tidak dipungut biaya atau gratis. Kemudian pada Senin (11/3/19) lalu sebanyak 8 ribu keping KTP-el sudah tersedia di Dispendukcapil Kabupaten Jayapura.

Dibaca 108 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.