Luncurkan Program “Aku Saudagar Muda” BNI Ajak Siswa SMK Berjiwa Bisnis | Pasific Pos.com

| 21 November, 2019 |

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Yanus Kuwaiyo, mewakili Kepala Dinas memberikan sambutan pada peluncuran Program “Aku Saudagar Muda”, Selasa pagi di SMK Negeri V Jayapura. Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Yanus Kuwaiyo, mewakili Kepala Dinas memberikan sambutan pada peluncuran Program “Aku Saudagar Muda”, Selasa pagi di SMK Negeri V Jayapura.

Luncurkan Program “Aku Saudagar Muda” BNI Ajak Siswa SMK Berjiwa Bisnis

Ekonomi & Bisnis Penulis  Selasa, 05 Maret 2019 20:34 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,-  Bank Negara Indonesia (BNI) meluncurkan program penumbuhan minat wirausaha bagi pelajar di Provinsi Papua, bersama Dinas Pendidikan, Selasa (5/3). Program “Aku Saudagar Muda” ini menjaring siswa dari SMA/SMK di wilayah Jayapura untuk mendapat pelatihan dan praktik wirausaha.

Program “Aku Saudagar Muda” diluncurkan di Aula SMK Negeri V Youtefa, Selasa (5/3/2019) yang dihadiri puluhan siswa/siswi dari 16 sekolah SMK yang ada di Kota Jayapura.

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Yanus Kuwaiyo kepada wartawan disela-sela peluncuran “Aku Saudagar Muda” di Aula SMK Negeri V Youtefa, Selasa (5/3/2019) mengungkapkan,  Tujuan utama digelarnya “Aku Saudagar Muda” adalah menciptakan pengusaha-pengusaha muda sejak dini, dalam hal ini mengajak para siswa dari berbagai sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) di berbagai kota.

“Ini salah satu program konektivitas antara pemerintah dengan BUMN dan ini juga merupakan salah satu program yang di instruksikan oleh Inpres nomor 19 tahun 2016 bagaimana antara pemerintah dan BUMN ini melihat bersama-sama pendidikan tidak sebatas meluluskan dan memiliki pengetahuan tetapi dibarengi dengan skill,” terangnya.

Oleh sebab itu, melalui ini khususnya di Papua sangat  membantu karena melalui program ini, lulusan SMK ini tidak sebatas hanya membawa ijasa tetapi dibekali dengan skil yang mempunyai potensi yang ada di Papua.

“Kami harap program ini sangat membantu dalam pengembangan di Provinsi Papua dan sangat relevan dengan visi misi gubernur dengan begitu anak-ana Papua harus mandiri karena telah memiliki skill,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Wilayah kantor BNI Papua dan Papua Barat Dwi Mardjono menuturkan, program pengembangan kewirausahaan sejak dini seperti Program “Aku Saudagar Muda” sangat penting bagi generasi milenial untuk mengenal dan memahami dunia wirausaha sejak dini serta tumbuh menjadi pribadi yang kreatif. Kreativitas yang terlatih sejak dini menjadi modal utama kemandirian generasi muda pada saat dewasa kelak.

Program “Aku Saudagar Muda” perlu digelorakan karena untuk menumbuhkan jiwa bisnis pada generasi milenial, perlu pendampingan sejak awal, mulai dari menanamkan motivasi berbisnis, mengenal dunia bisnis, hingga melakukan praktik bisnis di dunia nyata.

"Program “Aku Saudagar Muda” memang merupakan program belajar sekaligus praktek berjualan (reseller) bagi siswa SMA/SMK atau sederajat," jelasnya.

Parabsiswa sebelumnya mengikuti pelatihan dan pendampingan yang dilakukan langsung oleh para pelaku usaha melalui kelas “Inspirasi”, “Pengetahunan” dan “Ketrampilan”.

“Inti dari ketiga kelas tersebut adalah untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan kemampuan para siswa peserta Program “Aku Saudagar Muda” untuk memulai usaha,” ujarnya.

Dibaca 376 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.