Basarnas Hasilkan 49 Kantong Darah | Pasific Pos.com

| 23 November, 2019 |

Suasana donor darah yang digelar Basarnas (foto:iis) Suasana donor darah yang digelar Basarnas (foto:iis)

Basarnas Hasilkan 49 Kantong Darah

Papua Selatan Penulis  Senin, 04 Maret 2019 08:26 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Sebanyak 49 kantong darah berhasil dikumpulkan dalam donor darah yang dilaksanakan belum lama ini   di ruang serbaguna Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke yang turut melibatkan segenap instansi, stake holder yang ada di wilayah kerja kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke. Jajaran TNI/Polri dan instansi pemerintah serta organisasi-organisasi kemanusiaan tampak hadir mengikuti donor darah kali ini.

 Donor darah ini adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam menyambut ulang tahun Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (BASARNAS). Unit Transfusi Darah PMI Merauke yang digandeng sebagai pelaksana memulai kegiatan pada pukul 09.00 WIT dan diakhiri pukul 11.30 WIT. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan mencermati fenomena kejadian wabah demam berdarah yang tengah melanda di musim penghujan ini dimana banyak pasien penderita demam berdarah membutuhkan darah dalam jumlah banyak namun ketersediaan darah di PMI Merauke sangat terbatas.

Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan sesuai konsep awal perayaan HUT yang ingin lebih mendekatkan Basarnas dengan masyarakat.

Karena selain donor darah, ada kegiatan lain yang bersifat sosial seperti anjangsana dan ziarah makam serta pembersihan Taman Makam Pahlawan di Kabupaten Boven Digoel. "Target kita di donor kali ini sebanyak 150 kantong, tapi kita lihat hasilnya nanti apakah tercapai atau tidak" ujar Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke Raymond Konstantin, S.E ketika ditemui awak media sesaat sebelum kegiatan dimulai. Sementara itu Sutimin, S.Sos selaku pihak dari UTD PMI Merauke dalam penjelasannya menyampaikan bahwa permintaan darah yang masuk ke PMI Merauke sangat banyak.

Namun tidak bisa dipenuhi seluruhnya karena memang stok darah sangat terbatas. Oleh karenanya, kegiatan ini sangat membantu untuk pemenuhan kebutuhan darah sementara ini. Selain kegiatan sosial kemanusiaaan, berbagai kegiatan lomba internal turut pula dilaksanakan untuk memeriahkan perayaan tahun ini. Diantaranya lomba volly, futsal, bulutangkis, pancing, jalan sehat, dan beberapa lomba untuk anak-anak. Puncak acara perayaan HUT Basarnas akan dilaksanakan dalam bentuk upacara dan dilanjutkan dengan ramah tamah bersama stake holder di wilayah kerja Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke.

Dibaca 162 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX