Bupati Dogiyai Buka Pelatihan Simda Keuada dan Sosialisasi Perjalanan Dinas | Pasific Pos.com

| 21 August, 2019 |

Bupati Kabupaten Dogiyai, Yakobus Dumupa, SIP Bupati Kabupaten Dogiyai, Yakobus Dumupa, SIP

Bupati Dogiyai Buka Pelatihan Simda Keuada dan Sosialisasi Perjalanan Dinas

Papua Tengah Penulis  Selasa, 26 Februari 2019 15:13 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

DOGIYAI – Bupati Kabupaten Dogiyai Yakobus Dumupa, SIP, menyampaikan kepada pimpinan OPD termasuk bendahara di Kabupaten Dogiyai bahwa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Propinsi Papua akan tiba tanggal 19 Feburwari lalu dan akan melakukan pemeriksaan awal  penggunaan dana tahun 2019.

Untuk itu, di sela-sela kegiatan pembukaan pelatihan Simda dan Keuangan Daerah (Keuada) Bupati Dumupa menyampaikan kepada pimpinan OPD untuk tidak meninggalkan Dogiyai selama pemeriksaan dengan batas waktu 20 hari dengan tujuan pimpinan OPD segera menyelesaikan laporan realisasi anggaran tahun 2018.

Dalam penggunaannya sebelum pemeriksaan, Bupati Dogiyai Yakobus Dumapa, SIP sebelumnya telah bekerjasama dengan Keuangan BPPKD untuk mendatangkan  narasumber dari Kementerian Dalam Negeri untuk  membina  bendahara lama dan baru di Kabupaten Dogiyai.

Pelatihan yang digelar aula BPPKD Dogiyai, pada 13 Febuari 2019 lalu itu, Bupati Dogiyai menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada badan pengawas keuangan perwakilan BPK Propinsi Papua, yang bersedia untuk hadir menjadi narasumber dan instruktur pada acara pelatihan tersebut. Pemerintah Dogiyai, yakin dalam mewujudkan keterbukaan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan pengatausahaan pengelolaan keuangan daerah,  Bupati Dogiyai berharap melalui narasumber lembaga yang berkompeten ini dapat membuka wawasan dan menambah pengetahuan pengelolaan dan penatausahaan keuangan daerah pelaksanaan perjalanan dinas ‘add cost’ tentunya baik dan benar.

Sebagaimana sebelumnya kita di Kabupaten Dogiyai belum memberikan jawaban sesuai dengan peraturan dan perundang–undangan yang berlaku dan perubahan yang sedang terjadi. Dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih, pemerintah juga berulang kali melakulkan perubahan kebijakan terhadap sistem pengelolaan keuangan yang ada.

Oleh karena itu, diperlukan pemahaman dan persamaan presepsi dari para pelaku pengelolaan dan penatausahaan keuangan daerah, bupati memastikan adanya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dan penatausahaan keuangan daerah dapat terwujud.

Pada kesempatan itu, Bupati Dogiyai menyampaikan terima kasih kepada BPKP Papua, yang bersedia hadir termasuk narasumber. “Begitu pentingnya pelatihan ini, Bupati Dogiyai minta kepada para bendahara peserta pelatihan untuk mengikuti kegiatan itu dengan baik. Simulasi setiap materi  serius dan sungguh–sunguh untuk dipahami dan dimengerti,” katanya seraya menekankan dan meminta hal yang tidak mengerti, tanyakan kepada  narasumber.

Dengan demikian, diharapkan nantinya pengelolaan dan penatausahaan keuangan daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dogiyai mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pertanggungjawababan hingga pelaporan kegiatan dapat berjalan lebih trasparan, efektif, efisien dan benar.(don)

Dibaca 159 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX