Wororomi: Kusta Penyakit Paling Menonjol di Manokwari Timur | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

Wororomi: Kusta Penyakit Paling Menonjol di Manokwari Timur

Papua Barat Penulis  Selasa, 19 Februari 2019 09:53 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP –Kepala Puskesmas Pasir Putih, Ester Wororomi, mengungkapkan, kasus yang paling menonjoldan paling banyak diderita oleh masyarakat di Distrik Manokwari Timur adalah penyakit kusta.

“Jumlahnya sangat lumayan, ada beberapa orang diantaranya sudah cacat. Cuma saya tidak bisa sampaikan karena ini persoalan kondisi masyarakat,” kata Wororomi saat dikonfirmasi Tabura Pos di kantornya, belum lama ini.

Dikatakannya, untuk penangananannya, biasanya dilakukan pengobatan langsung di rumah masing masing pasien oleh petugas kesehatan khusus dari Puskesmas Pasir Putih dan ada pengobatan yang dilakukan di puskesmas sesuai jam pelayanan.

Wororomi mengungkapkan, selain kusta, ada jenis penyakit lain yang masih mendominasi di masyarakat, yakni masalah kurang gizi, diabetes mellitus, TB-Paru, malaria dan ISPA.

Wororomi menerangkan, rata-rata dari para pasien penyakit diatas mendapatkan pelayanan kesehatan secara langsung di puskesmas yang Ia pimpin, melalui program kesehatan lingkungan, program gizi, pelayanan penyakit menular (P2M) dan penyakit tidak menular, kesehatan ibu dan anak (KIA) dan program Promkes, serta Prolanis Lansia.

Wororomi menerangkan, selain pelayanan secara umum, pihaknya juga mengemban pelayanan khusus yaitu, pelayanan kesehatan tradisional dan akupresur

“Memang masyarakat di Distrik Manokwari Timur belum terlalu paham soal pengobatan ini, tetapi petugas kita selalu memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat,” tukas Wororomi.[BOM-R4]

Dibaca 154 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.