Wagub : PON XX Harus Bawa Manfaat Bagi Masyarakat Papua | Pasific Pos.com

| 19 March, 2019 |

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal. Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal.

Wagub : PON XX Harus Bawa Manfaat Bagi Masyarakat Papua

Info Papua Penulis  Minggu, 17 Februari 2019 21:58 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 akan berlangsung di Provinsi Papua. Lima Klaster dan tiga kabupaten penyangga disiapkan untuk tempat berlangsungnya pertandingan cabang olahraga multi ivent tersebut.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengatakan, PON di Papua perlu dukungan semua pihak untuk mensukseskan pelaksanaan PON di Papua.

Ia mengatakan, tiga sukses PON di Papua harus dicapai oleh Pemerintah Provinsi Papua dalam pelaksaan PON nanti, yakni, sukses tuan rumah, sukses prestasi dan sukses administrasi.

Namun, yang terpenting dari semua itu, harus ada Multiplier Effect buat masyarakat Papua. Jadi, dengan digelarnya PON di Papua, harus membawa banyak manfaat bagi masyarakat Papua.

Salah satunya adalah masyarakat punya hasil kerajinan tangan bisa terjual. “saya juga imbau pimpinan OPD juga untuk bergerak dampingi mama-mama Papua untuk menyiapkan souvenir, karena PON ini pesta bagi  tehadap perkembangan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Lanjutnya, pihaknya sudah minta kepada Badan Ekonomi Kreatif agar mulai memperhatikan ekonomi kreatif Papua. "Seperti tas noken yang sudah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Kami berharap kreatifitas masyarakat (pengrajin noken) bisa dikembangkan. Sebab kendalanya adalah market (pemasaran sebab produksi banyak tapi marketnya gak ada) oleh karenanya diharapkan adanya pendampingan dari kementerian terkait,"harapnya.

Dibaca 84 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.