Puskesmas Pasir Putih Tangani 27 ODHA | Pasific Pos.com

| 20 July, 2019 |

Puskesmas Pasir Putih Tangani 27 ODHA

Papua Barat Penulis  Sabtu, 16 Februari 2019 19:23 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Pengelola Penyakit HIV/AIDS Puskesmas Pasir Putih, Hilda Kabarek, Amk, mengungkapkan, Orang dengan HIV/AIDS (ODHA), bisa saja sembuh jika mendapat dukungan dari orang-orang yang ada disekitarnya.

“Karena mereka (ODHA) tidak harus dikucilkan, bukan obat yang menyembuhkan mereka, tetapi dukungan yang kita berikan yang akan menyembuhkan,” kata Kabarek kepada Tabura Pos di ruang kerjanya, Kamis (14/2).

Menurutnya, fungsi dari obat itu sendiri hanya untuk menekan virus yang ada dalam tubuh ODHA, tetapi dukungan moril dari orang terkasih akan merubah pola hidup mereka dan dapat membangkitkan dari keterpurukan yang ada.

Dengan demikian, lanjut Kabarek, masyarakat harus dapat memahami bahwa ODHA bukanlah orang-orang yang harus dicukuilkan melainkan harus diberikan dukungan dan perhatian.

Mengenai jumlah ODHA sendiri, Ia mengaku, pada 2019 2019, pihaknya sedang menangani 27 ODHA yang tersebar di wilayah Distrik Manokwari Timur.

“Tahun ini ada penambahan 1 ODHA karena sebelumnya hanya terpadat 26 ODHA, diantaranya ada juga yang masih anak-anak,” ungkap Kabarek.

Kabarek mengungkapkan, para ODHA tersebut, saat ini dalam pengontrolan oleh Puskesmas Pasir Putih, dan selalu dilakukan pemberian obat secara rutin.

Kabarek menambahkan, pihaknya juga masih terus melakukan penjaringan HIV dan AIDS melalui pemeriksaan Poliklinik bagi pasien yang bersedia.

“Kalau hasil pemeriksaannya ada yang positif HIV dan AIDS langung kita data dan memberikan obat secara rutin,” tandas Kabarek. [BOM-R4]

Dibaca 144 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.