Satlantas Polres Manokwari Temukan Sekitar 50 Pelanggaran Lalu Lintas | Pasific Pos.com

| 23 September, 2019 |

Satlantas Polres Manokwari Temukan Sekitar 50 Pelanggaran Lalu Lintas

Papua Barat Penulis  Jumat, 15 Februari 2019 13:56 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Kasat Lantas Polres Manokwari, Iptu Tatak Heru Latif mengatakan, selama 3 hari melakukan strong point pagi di beberapa titik jalan kota Manokwari, ada sekitar kurang lebih 50 pelanggaran yang ditemukan, baik itu yang dilakukan oleh pengendara roda dua maupun roda empat.

Kata Tatak, dari beberapa pelanggaran yang ditemukan rata-rata kebanyakan dilakukan oleh pengendara roda dua dan didominasi oleh kaum millennial. adapun pelanggaran yang dilakukan kebanyakan tidak memakai helm dan juga disertai kelengkapan surat-surat kendaraan.

“Dari beberapa pelanggaran secara kasat mata yang kita temukan di Jalan memang rata-rata didominasi kaum millennial, baik itu pelajar dan sebagainya. Pelanggarannya kebanyakan tidak pakai helm dan ini sangat berbahaya kalau dia terjatuh atau terjadi laka, kepada wartawan di Polres Manokwari, Kamis (14/02).

Menurut Tatak, jika melihat pelanggaran yang dilakukan, kesadaran masyarakat terhadap peraturan dan tata tertib berlalu lintas masih sangat jauh. Dirinya menganggap jika sikap masa bodoh dan malas tau yang ditunjukan masyarakat merupakan sesuatu yang harus diperbaiki.

Pasalnya, kata Tatak seharusnya kaum millennial sebagai generasi muda dan penerus bangsa sepatutnya menjadi pelopor berlalu lintas guna menekan angka kecelakaan dijalanan bukan malah sebaliknya, mereka yang menjadi pelanggar lalu lintas.

Selain itu, lanjut dia peran orang tua, guru dan seluruh elemen masyarakat sangat penting, karena dengan saling mengingatkan dan saling menegur dalam kesalahan, maka pelanggaran maupun laka tidak akan terjadi.

Oleh karena itu, untuk memberikan efek jerah kepada pengendara yang melanggar lalu lintas dilakukan penindakan berupa penilangan.

“Ini masih strong point pagi belum razia, tapi kedepan kami akan rutin razia. Kalau strong point pagi kita sudah rutin, kita lakukan penertiban jalan agar arus lalu lintas tetap lancar dan tidak macet. Tapi kalau ada pelanggaran yang kita temukan tindakan yang kita lakukan langsung penilangan, kita tilang bukan untuk mencari kesalahan dia tapi untuk memberikan efek jerah,” tandasnya. [CR45-R1]

Dibaca 142 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.