Sidang Praperadilan Gugatan KNPB Mimika Masuk Tahap Pemeriksaan Saksi | Pasific Pos.com

| 19 March, 2019 |

Sidang Praperadilan Gugatan KNPB Mimika Sidang Praperadilan Gugatan KNPB Mimika

Sidang Praperadilan Gugatan KNPB Mimika Masuk Tahap Pemeriksaan Saksi

Headline Penulis  Kamis, 14 Februari 2019 21:26 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, - Sidang praperadilan gugatan KNPB Mimika terhadap Polres Mimika hari ini Kamis (14/2) masuk pada tahapan pemeriksaan saksi.

Sidang ynag berlangsung di ruang sidang Candra kantor Pengadilan Negeri Kelas II Timika, Jl. Yos Sudarso, distrik Mimika Baru, kabupaten Mimika  berjalan lancar namun tampak beberapa kali hakim menghentikan keterangan saksi yang dianggap diluar pertanyaan.

Hakim ketua Saiful Amam SH, MH yang didampingi panitera pengganti Desi juga terlihat berusaha menjelaskan maksud pertanyaan yang diberikan kepada para saksi.

Beberapa saksi yang diajukan pemohon dalam hal ini KNPB antara lain  Pdt. Selius Adi,  Ruben Kogoya,  Vince Gobay, dan Son Tabuni. Pertanyaan yang diberikan seputar kegiatan yang dilakukan pada malam tahun baru, tentang barang apa saja yang disita, kapan keluarga mendapat surat perintah penahanan dan berbagai pertanyaan yang masih terkait pada kejadian tersebut. Dan terungkap bahwa ada uang sebesar 36.000.000 yang juga disita atau diamankan oleh pihak kepolisian.

Sementara itu pihak termohon dalam hal ini Polres Mimika juga menghadirkan 4 orang saksi. Antara lain, AKP Sudirman (Kasat Intelkam Polres Mimika) ,  Lettu Inf Yance Boven (Pasandi Kodim 1710/Mimika) , Iptu Mateos (Kasat Shabara Polres Mimika) dan  Brigadir Tugadion (Anggota Polres Mimika)

Keempat saksi ini menerangkan tentang tidak adanya ijin kegiatan dari pihak kepolisian. Saksi juga menerangkan proses penggeledahan serta barang barang apa saja yang disita.

Hakim  Ketua kemudian menskors sidang hingga besok hari Jumat. Sidang ini beragendakan penyampaian kesimpulan dari pihak pemohon dan termohon. Sementara itu untuk pembacaan putusan dijadwalkan akan dilaksanakan hari Senin minggu depan.

Dibaca 117 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.