DAK Fisik dan Dana Desa Papua tahun 2019 Naik | Pasific Pos.com

| 19 March, 2019 |

DAK Fisik dan Dana Desa Papua tahun 2019 Naik

Info Papua Penulis  Kamis, 14 Februari 2019 17:14 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) tahun 2019, pagu anggaran DAK Fisik adalah Rp 69,3 triliun atau meningkat 11,1 persen dibandingkan alokasi tahun 2018 sebesar Rp 62,4 triliun.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua, Agung Julianta, mengatakan, khusus untuk wilayah Papua, alokasi DAK Fisik untuk seluruh Pemerintah Daerah adalah sebesar Rp 4,99 triliun, naik 2,1 persen dari alokasi tahun 2018 sebesar Rp 4,89 triliun. Ungkapnya pada Rapat Koordinasi Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Papua tahun anggaran 2019 di Jayapura, Kamis, (14/2/2019).

Sementara pagu anggaran Dana Desa dalam APBN tahun 2019 ditetapkan sebesar Rp 70 triliun, meningkat Rp 10 triliun atau 16, 7 persen dibandingkan dengan tahun 2018.

Khusus untuk wilayah Papua, kata Agung Julianta, alokasi Dana Desa untuk seluruh Pemerintah Daerah adalah sebesar Rp 5,24 triliun, naik 21 persen dari alokasi tahun 2018 sebesar Rp 4,29 triliun.

Kenaikan tersebut sejalan dengan kebijakan peningkatan pagu anggaran secara nasional dan penyempurnaan formulasi pengalokasian dengan memperhatikan aspek pemerataan dan keadilan.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Astera Primanto Bakti menjelaskan sebagaimana amanat UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, Dana Desa merupakan dana yang dialokasikan dalam APBN yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui APBD Kabupaten/Kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan masyarakat, dan pemberdayaan masyarakat.

Lebih lanjut Prima menambahkan, kesemuanya itu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik di desa, mengentaskan kemiskinan, memajukan perekonomian desa dan mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa.

Dengan demikian, tegas Prima, Kemenkeu sudah menyusun arah dan kebijakan Dana Desa tahun anggaran 2019. Pertama, meningkatkan pagu anggaran Dana Desa. Dana Desa 2019 akan mengalami menjadi Rp 70 triliun.

Kedua, menyempurnakan formulasi pengalokasian Dana Desa dengan tetap memperhatikan aspek pemerataan dan keadilan. Ketiga, mengoptimalkan pemanfaaatan Dana Desa pada beberapa kegiatan prioritas desa, yaitu 3 – 5 kegiatan.

Keempat, melanjutkan skema padat karya tunai dalam penggunaan Dana Desa untuk pembangunan infrastruktur atau sarana dan prasarana fisik. Kelima, meningkatkan porsi pemanfaatan Dana Desa untuk pemberdayaan masyarakat.

Keenam, meningkatkan perekonomian desa melalui optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), menciptakan produk unggulan desa, dan memberikan kemudahan akses permodalan. Ketujuh, meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan Dana Desa melalui kebijakan penyaluran berdasarkan kinerja pelaksanaan. Kedelapan, sinergi pengembangan desa melalui pola kemitraan dengan dunia usaha.

Kesembilan, melakukan penguatan atas monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Dana Desa, kapasitas SDM perangkat desa, serta koordinasi, konsolidasi dan sinergi dari tingkat pemerintahan pusat, pemda, kecamatan hingga desa.

Dibaca 116 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX