Bandara Nabire Terlihat Sepi Penumpang | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

Bandara Nabire Terlihat Sepi Penumpang

Papua Tengah Penulis  Rabu, 13 Februari 2019 13:36 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

NABIRE – Pantauan media ini Selasa (12/2) pagi kemarin, suasana di ruang tunggu Bandara Douw Aturure Nabire, tidak terlihat seperti waktu-waktu yang lalu. Di ruang tunggu yang biasanya dipadati oleh penumpang sejumlah maskapai penerbangan, kemarin terlihat lumayan sepi. Hanya terlihat belasan orang penumpang yang tengah menunggu pesawat yang akan ditumpanginya. Belum diketahui pasti, apakah sepinya penumpang ini lantaran tarif tiket yang dinilai masih tinggi atau karena faktor lainnya.

Pantauan media ini, aktivitas penumpang di sekitar terminal kedatangan dan keberangkatan di Bandara Douw Aturure Nabire tidak begitu ramai. Tak terlihat antrean panjang yang biasanya terjadi di dekat pintu keberangkatan saat pemeriksaan tiket pesawat. Beberapa tempat duduk yang berada di ruang tunggu pun nampak kosong.

Seorang sumber yang ditemui di Bandara Douw Aturure menyebutkan, untuk penerbangan ke Jayapura hanya Wings Air dan NAM Air, sementara Garuda untuk hari ini tidak melayani penerbangan ke Jayapura. Terkait hal ini belum terkonfirmasi dari pihak Garuda Indonesia.

Salah seorang penumpang dari Jayapura ke Nabire yang menggunakan NAM Air juga sempat menyampaikan jika dirinya pernah dibatalkan penerbangan dan dipindahkan ke hari berikutnya. Dirinya menduga pembatalan penerbangan dan pemindahan ke hari berikutnya, imbas dari turunnya jumlah penumpang.

Hal yang sama juga terjadi di sejumlah Bandara lainnya. Seperti yang terajadi di Bandara Halim Perdanakusuma yangt terjadi penurunan sebesar 18,38 persen sejak harga tiket pesawat melonjak.

Hal tersebut diungkapkan Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama (Marsma) Pip Darmanto setelah pihaknya membandingkan data jumlah penumpang pada periode Januari di tahun 2018 dan 2019 (apple to apple).

Berdasarkan data, tercatat jumlah penumpang di Bandara Halim Perdanakusuma pada Januari 2019 berjumlah 511.791 orang. Sedangkan tahun lalu bisa mencapai 677.026 penumpang.

"Kenaikan harga tiket pesawat cukup berpengaruh ya terhadap jumlah penumpang di sini, ada tren menurun dibanding tahun lalu," ucap Darmanto.

Penurunan penumpang sendiri terjadi setelah berakhirnya masa libur natal dan tahun baru, tepatnya sejak tanggal 7 Januari 2019.

"Normalnya hari biasa jumlah penumpang berkisar antara 19 ribu sampai 20 ribu orang dan saat akhir pekan bisa sampai 22 ribu hingga 25 ribu orang. Tapi sekarang hanya sekira 15 ribu sampai 16 ribu saja," tuturnya. (ros)

Dibaca 216 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.