Dogiyai Gandeng Kemen PDT Olah dan Jual Buah Merah ke Jepang | Pasific Pos.com

| 17 February, 2019 |

Dogiyai Gandeng Kemen PDT Olah dan Jual Buah Merah ke Jepang

Papua Tengah Penulis  Senin, 11 Februari 2019 12:19 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

NABIRE – Pemerintah Kabupaten Dogiyai menggandeng Kementerian Percepatan Daerah Tertinggal (Kemen PDT) untuk mengolah produk lokal buah merah. Kemen PDT sudah setuju tinggal penandatangan MoU (memorandum of understanding) dengan Bupati Dogiyai, Yakubus Dumupa, Maret mendatang. Dalam prakteknya, bantuan Kemen PDT akan ditangani pihak ketiga yakni PT Mambers.

Kepala Bagian Penyusunan Prgram dan Pelaporan Dinas Tanaman Pangan (Distanpan) Kabupaten Dogiyai, Otto Degei di Nabire, Sabtu (9/2) mengatakan paraf koordinasi antara Kemen PDT dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu di Jakarta, tinggal penandangan naskah kerja sama. Karena, MoU harus ditandatangani oleh Bupati. “Saya sudah tandatanga untuk koordinasi dengan Kementerian PDT. Tandatangan harus oleh Bupati,” jelasnya.

Otto menjelaskan dalam perjanjian kerjasama tersenut. Kementerian PDT akan menyediakan peralatan pengolahan minyak buah merah di Kabupaten Dogiyai. Untuk sementara akan diberikan kepada 4 kelompok petani. Dua kelompok di sekitar lembah Kamuu dan dua lagi di bagin Mapia-Piyaiye.
 
Ia menambahkan minyak buah merah hasil oleh petani di Kabupaten Dogiyai akan dipasakan ke Jepang. Peminat minyak buah merah dari Jepang sudah menyatakan siap membeli lewat Kemen PDT/ Sebab, untuk pemasaran akan dibantu oleh Kemen PDT.

Ketika ditanya soal ketersediaan bahan baku, Kepala Bagian Penyusunan Program dan Pelaporan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Dogiyai ini mengatakan soal tanaman cukup, hanya saia tergantung musim berbuah dan panen.

Otto optimis minyak buah merah dari Dogiyai akan go negeri Sakura lewat bantuan Kemen PDT yang akan ditandatangani kedua oleh kedua pihak bersama pihak ke tiga. (ans)

Dibaca 30 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.