Kodam XVII/Cenderawasih Siap Amankan Hajatan Nasional | Pasific Pos.com

| 17 February, 2019 |

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI J.P. Sembiring. Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI J.P. Sembiring.

Kodam XVII/Cenderawasih Siap Amankan Hajatan Nasional

Kota Jayapura Penulis  Sabtu, 09 Februari 2019 13:48 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, - Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI J.P. Sembiring menyatakan bahwa prajurit kodam XVII/Cenderawasih siap mengamankan setiap pelaksanaan hajatan nasional. "Kami siap mengamankan. Bukan hanya pemilihan legislatif dan pemilihan presiden namun juga pelaksanaan Ujian Nasional yang akan berlangsung," ujar Pangdam menjawab pertanyaan wartawan.

Penegasan Pangdam ini juga merupakan jawaban atas kekhawatiran wakil bupati kabupaten Nduga. Beberapa waktu lalu wakil bupati mengungkapkan bahwa ada belasan sekolah di kabupaten Nduga yang terancam tidak melaksanakan Ujian Nasional karena faktor keamanan.

 Pangdam menegaskan, bantuan pengamanan akan diberikan kapan saja asalkan pemimpin daerah mengajukan permohonan bantuan. "Kalo bupati atau kepolisian mengajukan permohonan bantuan pengamanan, kami siap kapan saja. Apalagi ini terkait pendidikan," ujar Pangdam.

Seperti telah diberitakan sebelumnya,  Wakil Bupati Kabupaten Nduga Wenitus Nimiangge ketika ditemui di Kota Jayapura, Sabtu (2/2) menerangkan bahwa ada tiga distrik yang terancam tidak dapat melaksanakan ujian nasional yakni Distrik Mapenduma, Mbua dan Distrik Yigi.

“Ada belasan sekolah mulai dari SD, SMP, hingga SMA yang ada di beberapa distrik tidak dapat berjalan baik proses belajar mengajar selain itu terancam tidak dapat melaksanakan agenda nasional dalam Ujian dan itu disebabkan karena kejadian penembakan yang terhjadi sejak Desember lalu,” jelasnya.

Wenitus Nimiangge pun mengungkapkan, apabila Ujian nasional nantinya berjalan maka solusi utama, iyalah peserta ujian dari masing-masing sekolah akan dialihkan kesekolah lain yang berada di Distrik yang aman tanpa ada gangguan kelompok sparatis.

Meski secara keseluruhan dibeberapa wilayah belum sepenuhnya kondusif, Wentius mengimbau agar masyarakat yang mengungsi ke daerah lain hingga ke Wamena, dapat segera kembali dan beraktifitas seperti biasa.

"Kami sangat berharap pemerintah dan pihak terkait harus menjamin bahwa anak-anak sekolah ini harus melaksanakan ujian secara baik. Dan sekarang ini adalah waktunya untuk mereka harus latihan LKS dan seterusnya, sehingga kami tim dari kementerian juga nanti akan turun di lapangan mengecek sejauh mana kita siapkan itu agar bisa berjalan," jelasnya.

Dibaca 41 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.