3.250 Personil Kodam Cenderawasih Ikut Latihan Pengamanan Pileg Dan Pilpres | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring. Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring.

3.250 Personil Kodam Cenderawasih Ikut Latihan Pengamanan Pileg Dan Pilpres

Info Papua Penulis  Kamis, 07 Februari 2019 20:36 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, Sebanyak 3.250 personil Kodam XVII/Cenderawasih mengikuti latihan pengamanan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. Latihan ini ditandai dengan apel gelar kesiapan di lapangan Makodam XVII/Cenderawasih Kamis (7/2)

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring dalam amanatnya mengatakan bahwa kegiatan inui merupakan sikap tanggap terhadap perkembangan situasi di wilayah yang mungkin berdampak terhadap stabilitas keamanan.

Dikatakannya pula, apel kesiapan ini dilaksanakan di tiga wilayah. Yaitu wilayah Korem 172/PWY di jayapura, wilayah Korem 173/PVB di Nabire dan wilayah Korem 174/ATW di Merauke. "Thema yang diusung adalah Kodam XVII/Cenderawasih melaksanakan latihan pengamanan pemilihan umum legislatif dan presiden di wilayahnya dalam rangka mendukung tugas pokok TNI," ujar Pangdam.

Dikatakan pula latihan ini untuk mengantisipasi segala bentuk ancaman dan kerawanan yang mungkin dapat terjadi yang dilakukan oleh oknum atau kelompok tertentu untuk memperjuangkan kepentingannya. Untuk itu Pangdam menekankan beberapa hal. Pertama laksanakan perencanaan dan persiapan latihan secara maksimal serta pedomani tekhnik penyelenggaraan latihan dengan baik dna benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kedua, adakan koordinasi dengan satuan dan instansi terkait agar latihan dapat berjalan dengan lancar. Ketiga laksanakan latihan dengan sungguh sungguh agar kesiapan satuan dalam menghadapi tugas pengamanan pemilu legislatif dan presiden tahun 2019 dapat tercapai dengan optimal. Keempat perhatikan faktor keamanan, efisiensi, dna efektifitas dalam pelaksanaan latihan serta kelima, laksanakannkaji ulang dan evaluasi latihan dengan sebaik baiknya sehingga diperoleh bahan masukan dalam rangka perbaikan latihan berikutnya.

"Saya berharap melalui latihan ini kita dapat melihat secara langsung kesipaan prajurit. Bila masih ada kekurangan terutama hal hal mendasar saya perintahkan agar dilengkapi," ujar Pangdam mengakhiri amanatnya.
Dalam apel ini tampak hadir, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, Danlanud Silas Papare Marsma TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr.(Han), Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Irham Waroihan, Asops Danlantamal X Kolenel Laut (P) Nouldy J. Tangka, Danrem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar P. , Kasat Brimob Polda Papua Kombespol Jeremias Rontini, S.I.K., M.Si ,  Kaintel Lanud Silas Papare Mayor Sus Bayu Adi Nugroho , Asisten I Pemerintahan Setda Kabupaten Jayapura, ketua Bawaslu dan KPU Papua.

Dibaca 309 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.