Perpani Papua Akan Gelar Selekda, Jaring Atlet POPNAS dan PON XX | Pasific Pos.com

| 16 February, 2019 |

Dr. Juliana J. Waromi, SE, MSi. Dr. Juliana J. Waromi, SE, MSi.

Perpani Papua Akan Gelar Selekda, Jaring Atlet POPNAS dan PON XX

Olahraga Penulis  Rabu, 06 Februari 2019 13:39 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, -  Ketua Pengprov Perpani Papua, Dr. Juliana J Waromi, SE, MSi,  mengatakan, dalam rangka penjaringan dan pembentukan Tim Atlet Panahan Papua yang dipersiapkan untuk Pekan Olaharga Pelajar Nasional (POPNAS) tahun 2019 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020, maka Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Papua akan menggelar Seleksi Daerah di Lapangan Panahan Lantamal X Jayapura, 8 - 9 Februari 2019.

Bahkan kata Juliana Waromi, seleksi Daerah ini juga  terbuka umum untuk seluruh atlet panahan Papua. Siapapun dia, dan dari club panahan manapun bahkan perseorangan asalkan dari Papua, diperbolehkan ikut.

"Kita ingin mencari atlet potensial dan terbaik di Selekda ini," kata Ketua Pengprov Perpani Papua, Juliana J Waromi, Selasa (4/2/19).

Dijelaskan,  Selekda ini bertujuan untuk mencari lagi 23 atlet dari total 30 atlet yang dipersiapkan ke PON XX Tahun 2020. Sementara untuk POPNAS 2019 akan dijaring sebanyak 18 atlet.

"Sesuai dengan kuota di PON XX 2020, kita dapat jatah 30 atlet dan saat ini kita sudah mempunyai 7 atlet, sisa 23 ini yang akan ambil dari Selekda ini. Jadi untuk POPNAS 2019, kita akan ambil sebanyak 18 atlet," kata Juliana Waromi yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPR Papua.

Selanjutnya kata  Juliana Waromi, para atlet yang nantinya lolos Selekda ini akan mengikuti training center (TC) atau pemusatan latihan jelang PON XX Tahun 2020.

“Untuk para atlet yang terpilih nanti langsung akan mengikuti TC PON XX yang akan berlangsung mulai bulan Maret 2019," katanya.

Oleh karena itu, Juliana Waromi mengimbau kepada seluruh pengurus harian Perpani kabupaten/kota se Papua, club - club Panahan dan juga perseorang untuk segera mempersiapkan dan mendaftarkan atletnya mengikuti Selekda Panahan ini.

Untuk itu, kata Juliana Waromi, pihaknya berharap agar banyak atlit yang mendaftar. Namun selekda ini akan berlangsung ketat dan hasil yang diperoleh juga akan maksimal.

"Jadi atlet yang akan dipilih adalah yang terbaik untuk persiapan PON XX Tahun 2020 nanti," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Selekda Panahan, Hengki Sawaki menambahkan, dalam Selekda Panahan kali ini, Pengprov Perpani Papua akan merekrut sebanyak mungkin calon atlet Panahan untuk melengkapi pembentukan Tim Atlet Panahan  PON XX.

“Dari total 30 atlet, saat ini kita sudah mempunyai 7 atlet dan sisa 23 atlet yang akan dipilih dari selekda," jelas Hengki Sawaki.

Dikatakan, pelaksanaan Selekda Panahan dalam waktu dekat ini, selain mencari atlet Panahan untuk memenuhi kouta 23 atlet yang terdiri dari devisi Recurve putra 4 atlet, Recurve putri 4 atlet, compound putri 5 atlet, nasional putra 5 atlet dan nasional putri 5 atlet, tetapi juga untuk mencari 18 atlet yang dipersiapkan untuk POPNAS 2019.

“Sehingga dengan kouta yang ada ini, kami harapkan kepada pengurus harian Perpani kabupaten/kota, club panahan dan perseorang bisa mendaftarkan atletnya untuk mengikuti Selekda Panahan," paparnya.
 
Terkait hasil seleksi, menurut Hengky Sawaki bahwa Devisi Perlombaan atau pun Pertandingan, tapi  akan mempertimbangkan sejumlah persayaratam seperti rangking teratas total 2 sesi jarak 40 meter untuk PON XX dan jarak 30 meter untuk POPNAS 2019, kemudian usia potensial, kemampuan teknik memanah dan anatomis atlet.

“Selama para peserta Selekda telah memenuhi kriteria yang ditentukan, maka kita pasti akan rekrut dan langsung mengikuti pemusatan latihan (TC)," tegas Hengki Sawaki.

Dibaca 45 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX