BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Program kepada Driver Gojek | Pasific Pos.com

| 16 February, 2019 |

Sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan kepada driver Gojek. Sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan kepada driver Gojek.

BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Program kepada Driver Gojek

Ekonomi & Bisnis Penulis  Senin, 04 Februari 2019 10:49 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Papua menggelar sosialisasi program perlindungan bagi tenaga kerja dan ramah tamah kepada ratusan driver Gojek yang tergabung dalam Jayapura Gojek Driver Community (JGDC), Sabtu (2/2/2019) di Pantai Hamadi, Kota Jayapura.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Papua, Adventus Edison Souhuwat mengatakan, Gojek secara nasional telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan terkait perlindungan bagi driver Gojek yang masuk dalam perlindungan pekerja Bukan Penerima Upah (BPU/informal).

“Secara nasional Gojek telah memiliki link BPJS Ketenagakerjaan, oleh sebab itu kami perlu mensosialiasisasikan aplikasi mereka yang sudah link dengan BPJS Ketenagakerjaan kepada para driver Gojek yang baru saja hadir di Jayapura, “ujar Adventus.

Dikatakan, BPJS Ketenagakerjaan memiliki 4 program yakni Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun.

“Para driver Gojek perlu tahu apa manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan, tetapi pendaftaran akan dilakukan sendiri oleh para driver tersebut lewat aplikasi di masing-masing smartphone driver, “jelasnya.

Ditambahkan, para driver Gojek merupakan kategori BPU lantaran tak menerima upah tetap setiap bulan, oleh sebab itu iuran yang dibayarkan dengan upah terendah Rp1.000.000 hanya Rp16.800 per orang per bulan untuk 2 program yakni JKK dan JKM.

Pihaknya mencatat, per 2 Februari 2019, 570 driver Gojek telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk 2 program. Adventus memperkirakan jumlah tersebut masih bertambah lantaran pelamar menjadi driver Gojek masih terus berlanjut.

Adventus berharap, seluruh pekerja BPU dapat mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan lantaran memiliki hak untuk menjadi peserta.

Kepala Kantor Gojek Jayapura, Irto Sarungu mengungkapkan, Gojek telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi para driver apabila terjadi risiko dalam bekerja.

Pihaknya merespon positif kegiatan sosialisasi tersebut agar para driver mengetahui manfaat dari program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan. (Zulkifli)

Dibaca 62 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX