Pemprov Dukung Larangan Penyediaan Kantong Plastik | Pasific Pos.com

| 20 February, 2019 |

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, FX Mote Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, FX Mote

Pemprov Dukung Larangan Penyediaan Kantong Plastik

Info Papua Penulis  Sabtu, 26 Januari 2019 10:48 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Kelautan dan Perikanan  (DKP) Provinsi Papua menyatakan mendukung  program   Walikota Jayapura  Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MSi,   mulai 1 Pebruari 2019 masyarakat setempat  membawa kantong  atau noken  sendiri. Pasalnya, seluruh  toko modern dan pusat perbelanjaan di Kota Jayapura dilarang  menyediakan kantong plastik.

Dukungan ini diutarakan Kepala DKP Provinsi Papua FX Mote di Jayapura, Jumat (25/1).

Dikatakan Mote,  pihaknya mendukung sepenuhnya himbauan Walikota Jayapura  apa  yang disampaikan Walikota Jayapura  mulai 1 Pebruari 2019 belanja tak memakai kresek atau plastik, tapi memakai  kertas atau noken.

“Pak Walikota mewajibkan noken  untuk mengisi hasil belanjaan. Untuk semua kita ganti plastik dengan noken, sehingga noken-noken yang dibuat Mama Papua laku dibeli oleh siapa saja,” katanya.  

Menurutnya,  DKP Provinsi Papua mendukung  larangan ini sesuai pernyataan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi  Pudjiastuti seperti diantarnya di Kentucky Fried Chicken (KFC)  dan Dunkin’ Donuts dan seterusnya tak boleh lagi menyediakan sedotan dan plastik-plastik pun sudah perlahan dikurangi.

“Jadi yang dipakai  adalah alat-alat atau   kertas-kertas yang bisa terurai. Sedangkan bahan-bahan yang tak terurai tak boleh dipakai lagi, seperti botol minuman ringan (soft drink) dan plastik makanan ringam,” ujarnya.

Karena itu, jelasnya, pihaknya menghimbau masyarakat jangan membuang sampah  ke sungai-sungai atau ke  saluran-saluran air,   yang  akhirnya membawa limbah  ke lauatan atau ke danau.

Dibaca 67 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.