Ketua KPU Manokwari Optimis Pemilu 2019 Berjalan Lancar | Pasific Pos.com

| 23 September, 2019 |

Ketua KPU Manokwari Optimis Pemilu 2019 Berjalan Lancar

Papua Barat Penulis  Kamis, 24 Januari 2019 09:05 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Ketua KPU Kabupaten Manokwari, Abdul Muin Salewe mengaku optimis pelaksanaan Pemilu 2019 yang dilaksanakan, 17 April 2019 akan berjalan lancar.

Kelancaran pelaksanaan Pemilu 2019 di Manokwari, lanjut Salewe, karena hal-hal teknis yang berkaitan dengan kelengkapan Pemilu, persiapannya sudah matang dan lengkap.

“Rata-rata logistik Pemilu, seperti bilik suara, kotak suara, formulir dan alat kelengkapan TPS, semua sudah ada, sudah masuk dan sudah disortir dan sementara disimpan di gudang. Tinggal kita menunggu surat suara,” kata Salewe kepada Tabura Pos di KPU Kabupaten Manokwari, Rabu (23/1).

Untuk mewujudkan kesuksesan Pemilu serentak nanti, kata dia, kini pihaknya sedang menyeleksi Relawan Demokrasi (Relasi). Dikatakan Salewe, dari 104 pendaftar, 70 orang diantaranya dinyatakan lolos seleksi administrasi dan akan mengikuti seleksi tertulis, hari ini, Kamis (24/1).

Diungkapkannya, peserta yang dinyatakan lolos seleksi tertulis, akan mengikuti fit and proper test dan yang dinyatakan lolos akan dilantikan pada akhir Januari 2019, sekaligus mengikuti bimbingan teknis (bimtek).

Ia menambahkan, peserta yang nanti harus lolos dalam seleksi tahap akhir sebanyak 50 orang dan akan menempati 10 segmen Relasi, seperti pemilih pemula, keagamaan, kaum perempuan, disabilitas, kelompok marjinal, komunitas, nitizen, dan beberapa segmen lain.

Menurut Salewe, tugas utama dari Tim Relasi yakni melakukan sosialisasi tentang tata cara pemilu secara umum di segmennya, mulai proses pendaftaran peserta pemilu sampai perhitungan surat suara di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

“Hal terpenting dan menjadi prinsip adalah bagaimana kita bisa mensosialisasikan terhadap masyarakat bahwa tanggal 17 April 2019 nanti dilaksanakan Pemilu serentak,” pungkas Salewe. [BOM-R1]

Dibaca 246 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX