Toko Tani Center Bantu Masyarakat | Pasific Pos.com

| 24 April, 2019 |

Salah Satu Kegiatan Yang Dilaksanakan Toko Tani (foto:iis) Salah Satu Kegiatan Yang Dilaksanakan Toko Tani (foto:iis)

Toko Tani Center Bantu Masyarakat

Papua Selatan Penulis  Selasa, 22 Januari 2019 07:13 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kabid Distribusi dan Cadangan Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke, Francina Feny Rumlus mengemukakan bahwa toko tani center merupakan program dari pusat dan  di lingkup dinas sendiri sudah ada bidang yang khusus mengurus program tersebut dengan menjual sejumlah bahan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah. Misalnya saja untuk beras sesuai dengan ketentuan dari pusat dijual hanya dengan harga RP. 8.500.00.

Bentuk kegiatannya bertajuk toko tani dan sudah rutin dilaksanakan sejak dinas ini resmi dibentuk selama 2 tahun. Tujuannya semata-mata untuk membantu masyarakat dan jika terjadi musim paceklik maka masyarakat tetap dapat memperoleh kebutuhan sehari-hari tanpa kesulitan. “Toko tani center sudah berjalan 2 tahun lebih dan kita tidak hanya melaksanakan di kawasan kota saja tetapi meluas hingga ke kampung-kampung dan kawasan perbatasan,”terangnya kepada wartawan di areal parkir Kantor Bupati belum lama ini.

Menurutnya, program toko tani sangat penting untuk dilaksanakan karena sangat membantu masyarakat dan harga yang ditawarkan memiliki perbedaaan yang cukup besar. Untuk beras saja harga yang berlaku sekarang berkisar di angka 9.000-10.000.00 ke atas. Dan yang paling utama, pihak dinas sama sekali tidak mencari keuntungan namun murni membantu masyarakat di kampung-kampung yang dinilai masih mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pangan beras.

Berdasarkan pengamatan, selama program ini berjalan mampu diterima dengan baik oleh masyarakat karena jelas terlihat masyarakat sangat antusias mendatangi stan-stan yang dibuka. Ia menjelaskan, pasar toko tani diprogramkan setiap bulan dan tidak hanya dilakukan pada saat hari raya saja. “Contohnya untuk Sota wajib kita kunjungi bahkan kita pernah sampai di Kondo dan  Naukenjerai,”pungkasnya.

Dibaca 117 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.