Anggota DPR Mengingatkan Instansi Teknis Siaga Bencana | Pasific Pos.com

| 20 July, 2019 |

Anggota DPR Mengingatkan Instansi Teknis Siaga Bencana

Papua Barat Penulis  Jumat, 18 Januari 2019 13:26 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Anggota Komisi C DPR Papua Barat, Maurids Saiba mengingatkan agar instansi terkait, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota, bersiaga apabila sewaktu-waktu terjadi bencana, apalagi sekarang sedang musim hujan.

Ia menjelaskan, banyak hal yang bisa dilakukan instansi terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Lingkungan Hidup, dan Badan Penanggulangan Bencana untuk mengantisipasi banjir atau tanah longsor.

Langkah antisipasi tersebut, jelas Saiba, misalnya mengangkat sampah dari selokan dan mengimbau warga yang bertempat tinggal di bantaran sungai untuk lebih waspada.

“Sebenarnya, ini hal sudah dibicarakan berkali-kali. Kami sudah berbicara panjang lembar agar waspada dengan musibah, karena kalau sudah musibah, penanganannya panjang,” jelas Saiba kepada Tabura Pos via ponselnya, Kamis (17/1).

Dikatakannya, hal seperti ini tidak perlu diingatkan lagi, karena semua instansi harus konsisten menjalankan tupoksinya. “Instansi teknis mengetahui areal-areal yang dianggap rawan bencana, seperti banjir dan longsor sudah harus mempunyai penanganan sebelum terjadi bencana,” jelas Saiba.

Selain itu, ia berharap kontraktor yang pekerjaan proyeknya belum diselesaikan, terutama pembangunan drainase, segera diselesaikan.

“Kontraktor bertanggung jawab menyelesaikan pekerjaan dan perlu mengantisipasi terjadinya banjir, karena kalau hujan dan drainase belum selesai, tentu air akan meluap dan masuk ke rumah warga,” tandas Saiba. [SDR-R1]

Dibaca 135 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX