Apel Gabungan Setiap Tanggal 17 untuk Membangkitkan kembali Nilai-nilai Kebangsaan | Pasific Pos.com

| 16 February, 2019 |

Apel Gabungan Setiap Tanggal 17 untuk Membangkitkan kembali Nilai-nilai Kebangsaan

Papua Barat Penulis  Jumat, 18 Januari 2019 13:21 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Untuk pertama kalinya di tahun 2019, Pemkab Manokwari menggelar apel gabungan pada setiap tanggal 17. Hal itu sesuai dengan surat edaran Gubernur Papua Barat.

Meski apel itu menindaklanjuti edaran Gubernur Papua Barat, namun menurut Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo, ada hikmah di balik edaran itu.

Hikmah itu, kata dia, yakni membangkitkan kembali semangat kebangsaan yang mulai pudar.“Para pendiri bangsa ketika memproklamirkan 17 Agustus sangat sulit tapi kelihatannya yang terjadi di beberapa daerah yang disaksikan melalui media, kelihatannya nilai-nilai 17 Agustus mulai pudar.Nilai kebangsaan sudah mulai menipis. Oleh karena itu, ini harus dirajut kembali, dibangkitkan kembali,” tegas Budoyo ketika menjadi Pembina apel gabungan ASN di halaman kantor Bupati Manokwari, Kamis (17/1).

Menurutnya, semangat kebangsaan itu perlu dibangun kembali agar ASN dan masyarakat tidak tergerus dengan masalah-masalah yang menghilangkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, terutama adanya masalah intoleransi.

“Apel gabungan setiap tanggal 17 akan mempererat nilai-nilai kebersamaan kita, nilai-nilai persaudaraan kita, nilai-nilai kebangsaan kita.Jangan sampai justru ikut arus tentang intoleransi, sehingga nilai-nilai kebangsaan kita ikut menipis,” sebutnya.

Dia mengakui akhir-akhi ini nilai-nilai kebangsaan mulai menipis.Oleh karena itu, secara pribadi dia sangat senang ketika ada edaran dari Gubernur Papua Barat untuk melaksanakan apel gabungan setiap tanggal 17.

“Ini akan membangkitkan kembali, merajut kembali semangat kita, semangat kebangsaan kita di bawah tentunya Pancasila dan UUD 1945.Tidak ada kata mayoritas dan minoritas.Itu yang perlu saya tekankan.Kita hidup saling menghargai dan menghormati,” tandasnya.(BNB-R3)

Dibaca 44 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.