BUJP PT Duta Sarana Cipta Papua akan Gelar Pelatihan Sertifikasi Satpam | Pasific Pos.com

| 20 April, 2019 |

BUJP PT Duta Sarana Cipta Papua akan Gelar Pelatihan Sertifikasi Satpam

Papua Barat Penulis  Jumat, 18 Januari 2019 13:17 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Badan Usaha Jasa Pengamanan PT Duta Sarana Cipta Papua dalam waktu dekat akan mengadakan pelatihan Satpam dengan tujuan agar para Satpam mendapakan sertifikat.

Manager Pelatihan PT Duta Sarana Cipta Papua, Kusnadi, mengatakan, sejauh ini banyak perusahaan  yang kurang memiliki pemahaman dan cenderung hanya menerima pekerja khususnya Satpam tanpa memperhitungkan apakah Satpam tersebut telah tersertifikasi atau tidak.

“Kita tidak bisa samakan keahlian cleaning service, driver dan sebagainya, karena Satpam memiliki keahlian khusus sendiri, dari bidang usahanya saja sudah berbeda sistemnya, karena izinnya kita ini izin dari Mabes Polri rekomendasi dari Polda Papua Barat,” jelasnya kepada para wartawan di kantornya, Kamis (17/1).

Dijelaskannya, PT Duta Sarana Cipta Papua sebagai salah satu BUJP yang ada di Manokwari memiliki dua izin operasional yaitu penyalur jasa keamanan dan izin pelatihan.

Ia menjelaskan, ada beberapa perbedaan antara Satpam gadungan dan Satpam yang bersertifikasi. Untuk Satpam yang telah bersertifikasi Gada Pratama, Satpam tersebut berhak mengenakan seragam dengan berlogo Polda.

Iaberharap, setiap Satpam yang belum tersertifikasi, dapat ikut pelatihan guna memperoleh sertifikasi, sebab dalam pelatihan Satpam tidak hanya memperoleh sertifikat atau memperoleh lisensi Gada Pratama.

Direktur Utama PT Duta Sarana Cipta Papua, Andi Seradjuddin mengatakan, untuk PT Duta Sarana Cipta Papua, ada sekitar 60 Satpam yang sudah bersertifikat dan siap untuk dipekerjakan.

Ia menambahkan, pihaknya hanya bisa menegur BUJP yang perluasan atau yang dari luar, agar tidak menggunakan Satpam yang tidak mempunyai lisensi, karena hal tersebut akan mematikan profesi Satpam.

Diungkapkannya, dalam waktu dekat, renacananya BUJP PT Duta Sarana Cipta Papua akan melaksanakan pelatihan selama 10 hari, sejak 21-30 Januari 2019.

“Ini kewenangan Polda.Kalau yang daftar di kita sudah ada sekitar 20 orang yang mendaftar, tapi ada beberapa orang lagi yang sudah menghubungi kami untuk mendaftar ikut pelatihan.Harus diketahui biaya pendaftaran kita sangat kecil, apalagi kita di Papua Barat masuk dalam zona tiga, harusnya mahal, tapi kita kasih kebijakan,” tandasnya.[CR45-R4]

Dibaca 140 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.