Polda Papua Barat Beri Kesempatan Para Anggotanya Ikut Pendidikan | Pasific Pos.com

| 20 July, 2019 |

Polda Papua Barat Beri Kesempatan Para Anggotanya Ikut Pendidikan

Papua Barat Penulis  Kamis, 17 Januari 2019 08:03 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

908 Anggota Memenuhi Syarat



Mankwari, TP – Polda Papua Barat tahun anggaran 2019, memberikan kesempatan bagi para anggotanya untuk mengikuti pendidikan.

Hal itu setidaknya terlihat saat Wakapolda Papua Barat, Kombes Pol. Tatang dan Irwasda Polda Papua Barat, Kombes Pol Achmad Marhaendra, memimpin diskusi kesiapan seleksi pendidikan Sespimmen Polri Dikreg ke 59, Sespimma Polri Dikreg ke 61 dan 62, serta Sekolah Inspektur Polisi angkatan ke 48 T.A 2019 Polda Papua Barat, di lantai II Aula Pianemo, Polda Papua Barat, Rabu (16/01).

Wakapolda mengatakan, tahun 2019, untuk sekolah pengembangan baik Sekolah Inspektur Polisi (SIK), Sekolah Pimpinan Menengah (Sespimmen) dan Sekolah Pimpinan Pertama (Sespimma) diharapkan ada penambahan kuota.

“Mudah-mudahannanti ada penambahan, karena yang mendaftar banyak belum lagi Orang Asli Papua (OAP) ini yang perlu kita koordinasikan dengan Mabes karena belum ada petunjuk juga," jelas Tatang.

Tatang menjelaskan, sesuai atensi dari Mabes, sebenarnya tidak ada perbedaan, namun karena ada beberapa pertimbangan, maka sebelumnya akan dilakukan koordinasi terlebih dahulu.

Tatang menegaskan, prinsip seleksi dari kegiatan tersebut akan berlangsung bersih, transparan, akuntabel dan humanis tanpa ada kecurangan sedikit pun.

“Kami akan transparan dan memastikan tidak ada kecurangan, nanti bisa dicek sendiri saat ujian,” tegas Wakapolda.

Tatang mengungkapkan, untuk sementara penerimaan Bintara belum dilaksanakan, akan tetapi rencananya akan dilakukan pada April mendatang. Khusus untuk OAP akan diupayakan ada pembinaan semaksimal mungkin.

"Kami berharap nanti banyak dari ade-ade kita yang dari Papua ini. Kita sudah tekankan kepada pejabat, Kapolres, agar punya ade asuh khususnya OAP untuk kita bina agar pada saat tes mereka sudah tau seperti apa," tandas Wakapolda.

Sementara itu, Karo SDM Polda Papua Barat, AKBP Albertus Bambang Indrata, S.I.K,. M.Si, mengatakan, untuk SIP yang memenuhi syarat ada sekitar 908 orang anggota, dengan rincian laki-laki sebanyak 891 orang, perempuan 17 orang, sedangkan Sespimmen, 8 orang dan Sespimma 3 orang.

Indrata membeberkan, peserta yang mendaftar secara online sampai 15 Januari 2019, jumlah SIP yang terdaftar sekitar 120 orang dan telah memenuhi syarat, yang mana laki-laki sebanyak 116 orang, perempuan 4 orang, sedangkan untuk Sespimmen yang mendaftar baru 2 orang dan Sespimma 2 orang.

“Berdasarkan kelulusan TK Panda pada tanggal 7 Februari 2019 jumlah kuota kirim untuk SIP sebanyak 23 orang, Sespimmen 3 orang dan Sespimma 4 orang,” jelas Indrata.

Lanjut Indrata, untuk pemeriksaan administrasi SIP akan dilakukan 21- 23 Januari 2019, sedangkan untuk Sespimmen dan Sespimma pemeriksaan administrasi dilakukan mulai 22-23 Januari 2019. Ketiganya akan menerapkan sistem gugur.

Indrata menerangkan, selain pemeriksaan administrasi, peserta juga akan mengikuti pemeriksaan Psikologi di Aula Piyanemo Polda Papua Barat, pemeriksaan kesehatan di Rumkit Bhayangkara, uji Kesamaptaan Jasmani di Lapangan Polda Papua Barat, dengan jadwal yang berbeda.

Sementara untuk tes kompetensi manajerial SIP mulai 7 Februari 2019 di ruang Cat Biro SDM dengan menggunakan CAT, sistem perkelompok atau persesi dan penilaian SCR kuantitatif.

Indrata menambahkan, kelulusan TK Panda akan dilakukan tanggal 7 Februari 2019 dengan jumlah kuota kirim untuk SIP sebanyak 23 orang, Sespimmen 3 orang dan Sespimma 4 orang.

“Sidang kelulusan dilaksanakan secara terbuka di Aula Triton Polda Papua Barat,” tandas Indrata. [CR45-R4]

Dibaca 393 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.