Empat Bandar Ganja Asal PNG Diciduk Polisi | Pasific Pos.com

| 16 February, 2019 |

Dua dari empat bandar Ganja asal PNG yang diamankan. Dua dari empat bandar Ganja asal PNG yang diamankan.

Empat Bandar Ganja Asal PNG Diciduk Polisi

Kriminal Penulis  Selasa, 15 Januari 2019 19:52 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA - Empat pria asing asal Papua New Guinea yakni KE (22), ST (26) S (19) dan A (22)  yang merupakan bandar narkoba jenis ganja tidak berkutik ketika diamankan anggota Dit Resnarkoba Polda Papua, saat berada di sebuah warung dan hotel di seputaran Entrop Distrik Jayapura Selatan, Senin (14/1) malam

Dari tangan keempat pelaku, Polisi berhasil mengamankan puluhan ganja kering siap edar yang dikemas didalam plastik sedang sebanyak 41 paket, selain itu juga dari hasil penggeledahan disebuah kamar hotel Polisi kembali mengamankan tiga karung berisikan ganja kering.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengungkapkan keempat pelaku ditangkap anggota Ditresnarkoba Polda Papua di dua lokasi berbeda, dimana KE dan ST di tangkap saat sedang berada di salah satu rumah makan di kawasan Entrop Distrik Jayapura Selatan, sedangkan S dan A ditangkap di Hotel .

Lanjut Kamal, penangkapan keempat pelaku berawal dari hasil penyidikan dan penyelidikan setelah menerima laporan warga atas peredaran ganja di Kota Jayapura yang dilakukan  oleh warga asing asal PNG. Penangkapan itu dipimpin langsung oleh AKBP M. Darodjat.

"Setelah dalami informasi yang didapat, dua pelaku berhasil ditangkap disalah satu rumah makan yang berada ada di depan SPBU Entrop sekitar pukul 22:30 WIT. Dari tangan keduanya Anggota kami berhasil mengamankan barang bukti ganja yang disimpan didalam karung," ungkapnya Selasa (15/1) pagi.

Kata Kamal, dari hasil pengembangan dua pelaku yang terlebih dahulu diamankan, tim kembali membekuk dua pelaku lainnya yang sedang berada di dalam kamar salah satu hotel di Kota Jayapura beserta barang bukti ganja kering siap edar.

"Dari interogasi keduanya mengaku kalau masih ada rekannya sehingga tim bergerak dan mengamankan pelaku lainnya yang sedang nginap di sebuah hotel, dari hasil penggeledahan tim mendapati tiga karung ukuran sedang yang berisikan Narkotika jenis Ganja yang disimpan di dalam lemari," unjar Kamal.

Ia menerangkan, saat ini keempat pelaku telah diamankan di Rutan Direktorat Reserse Narkoba Polda Papua untuk pengembangan lebih lanjut, dugaan kuat keempat pelaku merupakan bandar ganja lintas Negara dan memiliki jaringan di Kota Jayapura bahkan provinsi Papua.

"Keempat masih dalam pemeriksaan oleh penyidik untuk dikembangkan jaringan peredaran ganja di Papua," jelasnya.

Mantan Wakapolres Depok ini pun menambahkan atas perbuatannya keempat pelaku dijerat dengan pasal 111 ayat (1) UU no. 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman denda paling sedikit Rp. 800.000.000.- dan paling banyak Rp. 8.000.000.000.- (8 miliyar), atau hukuman penjara paling sedikit 4 tahun dan paling lama 12 tahun.

Dibaca 72 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.