Sosialisasi Saber Pungli Disambut Positif | Pasific Pos.com

| 16 February, 2019 |

Sosialisasi Saber Pungli Yang Dilaksanakan Di Kawasan Pelabuhan (foto:ist) Sosialisasi Saber Pungli Yang Dilaksanakan Di Kawasan Pelabuhan (foto:ist)

Sosialisasi Saber Pungli Disambut Positif

Papua Selatan Penulis  Senin, 14 Januari 2019 22:55 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,- Dalam setiap kegiatan sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli ) yang digelar pihak Polres selalu disambut warga masyarakat dengan baik yang menandakan bahwa  tindakan Kepolisian Resor Merauke yang gencar melaksanakan kampanye anti Pungli diterima dengan sangat positif. Seperti yang dilakukan oleh Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung, SH melalui Kasat Lantas dan Kapolsek Tanah Miring yang melaksanakan sosialisasi Saber Pungli  belum lama ini. Untuk Kasat Lantas sosialisasi  berlangsung di Perumahan Lampu Satu Indah Kampung Lampu satu Distrik Samkai Kabupaten Merauke.

 Sosialisasi diikuti 15 warga masyarakat Lampu Satu Merauke. Dalam arahannya Kasat Lantas mengharapkan agar praktek Pungli dapat dihentikan dan jika masih ada yang menemukan agar segera melaporkan pada instansi maupun aparat pemerintah. Sosialisasi serupa juga dilaksanakan oleh Kapolsek Tanah Miring, Ipda Harapan Purba dan anggotanya yang berlangsung di Puskesmas Kampung Hidup Baru Distrik Tanah Miring. Hadir dalam kegiatan tersebut Kapustu, dr. Oktavia Sihombing beserta staf, Kepala kampung Hidup Baru beserta staf masyarakat sekitar.

Dalam arahannya Kapolsek mengajak para petugas kesehatan agar budaya pungli dapat dihindari ketika melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan medis.  Sosialisasi juga dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tanah Miring yang di hadiri Kepala Sekolah, dewan guru dan staf. Dalam kesempatan itu Kapolsek meminta agar isekolah dapat ikut serta membangun Papua lewat pendidikan dan menyiapkan  SDM dan tenaga kerja yang siap pakai sehingga terhindar dari Pungli. “Kita harus memulai dan menanamkan dari sekarang, baik dlm proses belajar di kelas maupun praktek di lapangan karena SMK adalah sekolah kejuruan dimana lulusan yang ada sudah siap kerja. " Saya minta apabila ada yang mengetahui atau melihat praktek Pungli dapat melaporkan,”tegasnya.

Kemudian bertempat di Pelabuhan Pintu air telah dilaksanakan sosialisasi anti pungli di atas kapal  oleh Kasat polair diwakili KBO Polair Ipda Dani. Dalam arahannya ia meminta kepada nahkoda serta ABK  kapal cargo dan kapal penjaring agar menjauhi pungli dan segera melaporkan kepada petugas.Sosialisasi serupa juga dilakukan Kapolsek Okaba, Iptu Ary Priamgodo bertempat di Koramil Okaba yang dihadiri oleh Danramil Okaba Linmas Distrik Okaba, Danpos SAR dan tokoh masyarakat.

Kapolsek  meminta setelah dilaksanakan sosialisasi maka di Distrik okaba tidak ada lagi pungutan liar dan bila menemukan Pungli bisa melapor via wa/sms. 082248273216 atau email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.. Warga tidak perlu kuatir karena  data pelapor akan dirahasikan. Ia juga meminta agar masyarakat jangan mudah percaya berita hoax dan tetap bersama-sama menjaga Sitkamtibmas dan toleransi menjelang Pileg dan Pilpres 2019.

Dibaca 53 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.