Hotel di Jayapura Belum Ramah bagi Penyandang Disabilitas | Pasific Pos.com

| 6 December, 2019 |

Media Gathering Hotel @Hom Premiere dan Insan Pers. Media Gathering Hotel @Hom Premiere dan Insan Pers.

Hotel di Jayapura Belum Ramah bagi Penyandang Disabilitas

Kota Jayapura Penulis  Jumat, 11 Januari 2019 02:22 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Provinsi Papua akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020 mendatang.

Sayangnya, salah satu kendala yang akan dihadapi oleh Papua adalah fasilitas hotel di Jayapura bagi Penyandang Disabilitas.

Asisten Hotel Manager @Hom Premiere Abepura, Yorim Allo Sarira, kepada wartawan di sela-sela Media Partner Gathering, Kamis siang, mengakui jika, Hotel @Hom Premiere Abepura belum ada fasilitas khusus untuk Penyandang Disabilitas.

“kalau kursi roda ada, tapi kalau kamar dan toiled sesuai standar bagi kaum difabel, mungkin saja tidak semua hotel di Jayapura memiliki fasilitas yang ramah bagi kaum difabel. saya pikir bukan saja kami, semua hotel sama, karena selama ini juga kita belum mendapat informasi terkait fasilitas difabel itu,” ujarnya.

Namun, katanya, informasi dari teman-teman wartawan ini tentu akan disampaikan kepada pimpinannya, agar dengan waktu satu tahun kedepan kita bisa menyediakan fasilitas yang mudah diakses oleh kaum difabel.

Sebelumnya, Ketua National Paralympic Commite (NPC) Papua H. Jaya Kusuma, mengakui fasilitas-fasilitas penyandang difabel di wilayah Jayapura dan sekitarnya masih sangat minim.

Ia mengatakan, venue dengan fasilitas difabel yang ada di Jayapura hanya stadion Papua Bangkit, karena fasilitas sudah ramah untuk atlet dan penonton difabel. Sementara  hotel dan venue lainnya belum dilengkapi fasilitas difabel yang memadai.

Jaya Kusuma mengaku, hotel juga harus ramah kaum disabilitas. “ada standardisasinya kamar dan toiled untuk difabel, saya melihat di Jayapura masih sangat kurang. Selain itu juga ruang public untuk penyandang disabilitas.” ujarnya.

Dibaca 224 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.