Disdukcapil Mansel Musnahkan 7.672 Keping KTP | Pasific Pos.com

| 16 February, 2019 |

Disdukcapil Mansel Musnahkan 7.672 Keping KTP

Papua Barat Penulis  Senin, 07 Januari 2019 12:30 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Mansel, TP – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), memusnahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 7.672.

Pemusnahan ribuan KTP masyarakat Mansel di halaman Kantor Disdukcapil, turut disaksikan Bupati Mansel, Markus Waran, jajaran Polsek Ransiki, jajaran Koramil Ransiki, dan tamu undangan lainnya.

Kepala Disdukcapil Mansel, Elia K. Sembor mengatakan, pemusnahan ribuan KTP yang sudah tidak digunakan tersebut berdasarkan edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada pemilihan umum tahun ini.

Sembor merincikan, 7.672 KTP yang dimusnahkan terdiri dari 3.496 keping KTP elektronik dan 4.176 keping KTP nasional.

Lanjut Sembor, KTP yang dimusnahkan tersebut ditarik dari semua masyarakat Mansel yang sebelumnya menggunakan KTP nasional dan sekarang menggunakan KTP elektronik, sedangkan untuk KTP elektronik untuk yang pindah domisili dan kesalahan saat pencetakan seperti nama, umur, jenis kelamin dan lainnya.

“Izin Pak Bupati dapat kami laporkan bahwa jumlah semua yang dimusnahkan sebanyak 7.672, alasan pemusnahan agar tidak terjadi hal-hal yang diluar keinginan kita semua sebab Pilkada 2019 sudah dekat dan ini semua sesuai dengan surat perintah dari Kemendagri agar KTP yang salah cetak atau pun internasional tersebut untuk segera dimusnahkan,” jelas Sembor.

Bupati Mansel, Markus Waran memberikan apresiasi kepada jajaran Disdukcapil Mansel yang telah merespon cepat surat edaran dari pemerintah pusat.

Bupati meminta agar jajaran Disdukcapil terus melakukan pemusnahan KTP yang dianggap sudah tidak terpakai lagi agar tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk kepentingan tertentu.

“Kita tahu bahwa Pilkada sudah semakin dekat, jika hal-hal seperti ini tidak segera ditindaklanjuti atau direspon oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, maka kita tidak bayangkan ada hal hal yang akan terjadi dengan populasi padi ini dan disaksikan oleh pihak keamanan baik TNI maupun Polri,” ujar Waran seraya kembali memberikan apresiasi. [CR35-R4]

Dibaca 54 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.