Rolling English, Program Kampus UNIMUDA untuk membantu SD di Kota Sorong | Pasific Pos.com

| 17 June, 2019 |

Rolling English, Program Kampus UNIMUDA untuk membantu SD di Kota Sorong

Papua Barat Penulis  Kamis, 03 Januari 2019 19:44 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Sorong – UNIMUDA Sorong melalui program pengabdian dosennya mengajak para guru bahasa inggris di sekolah mitra menjadi lebih inovatif. Program pengabdian yang berjudul Rolling English merupakan program dosen dan mahasiswa Bahasa Inggris UNIMUDA Sorong.

Rolling English merupakan sebuah program kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa SD yang dikemas secara menyenangkan dalam bentuk permainan layaknya outbond. program ini bertujuan untuk membantu pihak sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran bahasa inggris.

Seperti yang telah dijabarkan oleh guru bahasa inggris di sekolah mitra saat interview dilakukan, karena bahasa inggris di tingkat sekolah dasar hanya menjadi mata pelajaran muatan lokal, jam pembelajarannya pun semakin berkurang. Selain itu, minat siswa yang rendah, metode pembelajaran yang monoton dan sarana prasarana yang kurang memadai membuat pelajaran Bahasa Inggris menjadi sulit. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil belajar para siswa yang cukup rendah.





Dalam program tersebut, para pengabdi memberikan sosialisasi program inovatif untuk sekolah. Sebagai langkah awal, para pengabdi yang terdiri dari 2 dosen dan dibantu oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris bekerja sama dengan 2 sekolah mitra yakni SD Inpres 68 Klasaman Kota Sorong dan SD Negeri 6 Klablim Kota Sorong.

Program Rolling English dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah sosialisasi dan pelatihan perancangan kegiatan outbond untuk para guru. Sosialisasi dilakukan selama satu hari yang diakhiri dengan perancangan kegiatan outbond. outbond yang telah dirancang akan diaplikasikan secara langsung kepada para siswa.

Sebelum melaksanakan outbond, para guru dibantu oleh mahasiswa dan pengabdi mempersiapkan pelaksanaan outbond. setelah siap, outbond diterapkan kepada para siswa kelas 4 dan kelas 5. Rancangan outbond yang disiapkan terdiri dari beberapa tema 5 tema yakni water adventure, back to the village, nature’s call, dan let’s go to campus.

Berdasarkan permintaan dari kepala sekolah masing-masing mitra, SD Inpres 68 Klasaman memilih tema Water Adventure sementara SD Negeri 6 Klablim memilih tema Let’s Go to College. Water adventure dilaksanakan di Pantai Saupapir dan diikuti oleh 40 siswa kelas 4. Sementara let’s go to college dilaksanakan di kampus UNIMUDA Sorong yang diikuti oleh 36 siswa kelas 5.

Bagi guru, program ini membantu memberikan inovasi dan penyegaran terhadap kreatifitas guru. Mereka juga memiliki metode pembelajaran yang bervariasi dan mengelola program kegiatan outbond. Sementara bagi siswa, program ini membantu para siswa untuk menangani kesulitan yang mereka hadapi.

Selain melatih kerjasama, kegiatan tersebut menambah pemahaman siswa tentang beberapa materi Bahasa Inggris yang pernah dan belum pernah mereka dapatkan. Terlebih lagi, siswa sudah tidak lagi membenci pelajaran Bahasa Inggris dan mau belajar Bahasa Inggris lebih dalam.

Untuk ke depannya, diharapkan para guru sekolah mitra bisa terlibat dan mengaplikasikan kegiatan ini sehingga dapat bermanfaat bagi semua pihak dan membantu mengatasi permasalahan pembelajaran Bahasa Inggris yang dialami pihak sekolah-sekolah mitra.

Dibaca 301 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.