Delegasi Angkatan Bersenjata PNG Kunjungi Kodam XVII/Cenderawasih | Pasific Pos.com

| 17 July, 2019 |

Delegasi Angkatan Bersenjata PNG Kunjungi Kodam XVII/Cenderawasih

Kota Jayapura Penulis  Rabu, 02 Januari 2019 19:43 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, Delegasi Angkatan Bersenjata Papua New Nugini (PNG) berkunjung ke Kodam XVII/Cenderawasih. Kunjungan ini merupakan kunjungan kerja sekaligus ungkapan terimakasih atas kerjasama keamanan selama pelaksanaan pertemuan APEC beberapa waktu lalu.

"Terima kasih kepada Kodam XVII/Cenderawasih, karena TNI memberikan dukungan keamanan selama berlangsungnya pertemuan pimpinan APEC tahun 2018 yang diselenggarakan di PNG," demikian dikatakan Letkol Nick Henry selaku Perwira Staf Operasi Angkatan Bersenjata PNG.

Lebih lanjut dikatakannya, atas nama Panglima Angkatan Bersenjata PNG, kami mengucapkan terima kasih karena telah menyambut Delegasi Angkatan Bersenjata PNG hari ini, pertemuan ini merupakan kesempatan spesial antara kedua negara dibidang militer sebagai kerja sama yang telah dilaksanakan selama bertahun-tahun melalui pertukaran informasi, pertemuan resmi di perbatasan dan sekarang sangat penting  kita membicarakan upaya mengenai koordinasi untuk menyediakan keamanan sepanjang perbatasan bersama

Panglima Angkatan Bersenjata PNG sudah memulai diskusi dengan Panglima TNI mengenai dukungan TNI terhadap Angkatan Bersenjata PNG untuk pelaksanaan pertemuan APEC 2018 serta kegiatan koordinasi operasi keamanan sepanjang perbatasan bersama. Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari kegiatan pertukaran analis Intelijen antara Defance Inteligence Branch (DIB) dan BAIS sejak 2016. "Saya memahami kontribusi kedua badan tersebut.

Terima kasih atas kerjasama DIB dan BAIS. DIB melanjutkan kerja sama untuk memfasilitasi pertemuan yang sedang berjalan, karena itu pertemuan hari ini merupakan puncak dari pertemuan strategis yang berawal dari pertemuan antara DIB dan Kodam XVII/Cendrawasih pada tanggal 10 Oktober 2018 untuk menyediakan koordinasi keamanan sepanjang perbatasan bersama," ujar Letkol Nick Henry.

"Dengan senang hati saya menginformasikan bahwa kita telah mencapai hasil yang telah disepakati. Sekarang saya mengambil kesempatan untuk berbicara secara resmi untuk mengucapkan terima kasih kepada Pangdam XVII/Cenderawasih, Panglima TNI dan TNI serta pemerintah Republik Indonesia atas nama Panglima Angkatan Bersenjata PNG dan Pemerintah PNG atas dukungan dan bantuannya. Kontribusi anda menjamin keamanan perbatasan dan membuat pemerintah PNG sangat percaya diri mengadakan pertemuan pimpinan  APEC 2018 yang berjalan dengan sukses," ujarnya.

Pada kesempatan ini Letkol Nick Henry juga menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada keluarga dan teman-teman yang mengalami Tsunami di Indonesia yang berdampak pada rumah dan masyarakat yang berada di area pesisir Jawa Barat dan Selatan Sumatra pada hari Sabtu 22 Desember 2018.

Pada kesempatan inj Asintel Kasdam XVII/Cenderawasih Kol. Inf. C.D.B Andries, SH mengatakan Kodam XVII/Cenderawasih mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan koordinasi dalam pengamanan di Perbatasan RI-PNG.

Asintelpun mengingatkan bahwa dalam salah satu pertemuan pernah dibahas terkait dengan rencana pembentukan Liason Officer dari kedua negara (RI-PNG) di perbatasan, namun belum ditemukan kesepakatan terkait dengan penempatan dari  Liason Officer apakah di wilayah PNG (Vanimo) atau di wilayah RI (Skouw/Jayapura).

"Berharap dalam pertemuan ini bisa dibicarakan terkait dengan mekanisme penempatan Liason Officer seperti apakan TNI berada di Vanimo atau berada di Skouw," ujar Asintel.

Asintelpun mengatakan bahwa di wilayah perbatasan masih banyak kasus menonjol seperti, penyelundupan dan pelanggaran keimigrasian. "Pelanggaran ini agar menjadi atensi bersama sehingga tidak mengganggu hubungan baik antara kedua negara," ujar Asintel.

Diakhir pertemuan pada tanggal 28 Desember ini,  diadakan foto bersama.

Dibaca 257 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.