Banyak Dampak Positif Dari Penyelenggaraan PON XX | Pasific Pos.com

| 23 January, 2019 |

Banyak Dampak Positif Dari Penyelenggaraan PON XX

Info Papua Penulis  Minggu, 23 Desember 2018 21:32 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA– Gubernur Papua Lukas Enembe menyebut pelaksanaan event olahraga empat tahunan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 bukan hanya menyoal tentang sukses penyelenggaraan maupun sukses prestasi, namun semuanya itu berdampak pada kemajuan pembangunan, peningkatan ekonomi kerakyatan dan mempromosikan wisata, adat budaya yang ada di seluruh tanah Papua.

“Manfaat ekonomi rakyat, wisata dan pembangunan di Papua sangat penting melalui PON ini, jadi siapapun harus mendukung dan sukseskan event Nasional ini,” ujar Gubernur Papua saat memberikan sambutan pada Galadinner sekaligus Melaunching Channel Youtube KONI Papua, Jumat (21/12/2018) malam.

Bahkan kata Gubernur, selain banyak manfaat yang terjadi saat terselenggara PON XX, dipastikan Papua harus masuk di peringkat ke-5 besar kontingen se-Indonesia, jadi diharapkan KONI Papua dapat menyiapkan atlet terbaik yang diserahkan kepada Pusat Latihan Provinsi (Pustlatprov) untuk membina atlet dalam pemusatan latihan terpusat yang direncanakan bergulir bulan Maret 2019 mendatang.

“Itu sebabnya fasilitas, infrastuktur yang masih terus dibangun, tapi kita harus siap jadi tuan rumah, kita harus bangga banyak atlet Papua berkontribusi bagi Indonesia melalui prestasi mereka, sehingga kita menjadi tuan rumah dan berharap partisipasi semua stackholder,” katanya.

Gubernur juga meminta adanya peran pelaku usaha di Papua baik perbankan, operator penerbangan, perhotelan, dapat berpartisipasi memberikan kontribusi, bahkan diminta salah satu BUMN/BUMD atau pengusaha dapat menjadi manajer bagi cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON XX/2020.

“Harus ada yang pegang satu cabang olahraga, agar supaya pembinaan prestasi atlet terus berjalan dengan baik, sehingga mencapai prestasi membanggakan bagi Papua di PON nantinya. Kita punya atlet banyak, jadi harus ada pegang, perbankan, perhotelan bisa jadi bapak angkat dari cabang olahraga, itu akan luar biasa, sehingga harapan Papua menjadi juara itu tercapai,” ungkapnya.

Ditambahkan, itu merupakan bentuk partisipasi untuk membesarkan cabang olahraga, sehingga ada harapan dapat meraih medali karena PON XX merupakan kegiatan event olahraga berskala Nasional dan siapapun wajib mendukung guna sukseskan PON.

“Kami waktu pertemuan di Jakarta, ketemu menteri BUMN Rini Soemarno yang menyatakan akan mendorong seluruh BUMN di Indonesia untuk ikut dukung suksesnya PON 2020. Dan itu langsung direspon cepat sama Ibu menteri,” tutupnya.

Dibaca 101 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.