KSOP Manokwari Mulai Antisipasi Penyelundupan Miras | Pasific Pos.com

| 16 February, 2019 |

KSOP Manokwari Mulai Antisipasi Penyelundupan Miras

Papua Barat Penulis  Kamis, 20 Desember 2018 12:00 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Kepala Kantor keSyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manokwari, M. Kemendong, mulai mengantisipasi adanya upaya penyelundupan minuman keras (Miras) menjelang perayaan Natal 25 Desember 2018 dan menyambut Tahun Baru 1 Januari 2019.

Ia mengaku, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah masuknya miras ke Pelabuhan Manokwari sesuai tugas dan tupoksi KSOP.

“Tapi, bersyukur karena selama saya menjabat sebagai Kepala KSOP Manokwari, kita belum temukan adanya upaya-upaya penyelundupan miras melalui jasa ekspedisi,” kata Kemendong kepada Tabura Pos di kantornya, Rabu (19/12).

Akan tetapi, dirinya mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan jika dalam satu konteiner yang berisi barang campuran, bisa saja terjadi upaya-upaya untuk melakukan penyelundupan miras.

Selaku regulator Pelabuhan Manokwari, Kemendong mengatakan, tugas pokok dan fungsi KSOP adalah pengendalian dan pengawasan sektor pelayaran, termasuk bongkar muat barang di kawasan Pelabuhan umum.

“Sebelum ada kegiatan bongkar muat, pihak yang bersangkutan harus mengajukan izin kegiatan ke KSOP yang dilampirkan dengan manifest general cargo atau pun barang campuran,” jelas dia.

Dimana, pada manifest tersebut terdapat packing list yang rutin dilakukan pemeriksaan oleh pihaknya untuk mengantisipasi adanya barang selundupan lain seperti miras.

Tidak sampai disitu, Kemendong mengaku, pihaknya juga melakukan inspeksi ke lapangan bersama instansi terkait untuk memastikan fisik barang dan yang terdapat dalam daftar packing list.

“Pada prinsipnya kami sudah melakukan tupoksi kami, tetapi kalau memang masih ada pasokan miras di Manokwari, itu diluar tanggung jawab kami,” tukas dia. [BOM-R1]

Dibaca 252 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX