Rumkit Tingkat IV 18.07.02 J. A Dimara Diresmikan | Pasific Pos.com

| 16 February, 2019 |

Rumkit Tingkat IV 18.07.02 J. A Dimara Diresmikan

Papua Barat Penulis  Jumat, 23 November 2018 12:05 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Rumah Sakit (Rumkit) Tingkat IV 18.07.02. J.A. Dimara, diresmikan, Rabu (21/11), ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan tumpeng oleh Kasdam XVIII Kasuari, Brigjen TNI H Dedi Sambowo.

Sebelum diresmikan, status Rumkit Tingkat IV 18.07.02. J.A. Dimara, yang terletak di Jl. Brawijaya tersebut, statusnya merupakan Rumah Sakit Bantuan (Rumkitban) Kodim 1703 Manokwari.

Panglima Kodam (Pangdam) XVIII Kasuari, Mayor  Jenderal TNI Joppye O. Wayangkau, dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam XVIII Kasuari, Brigjen TNI H Dedi Sambowo, menyampaikan, peresmian peningkatan status Rumkitban Manokwari menjadi Rumkit Tingkat IV, berdasarkan perintah kepala staf Angkatan Darat dalam peraturan nomor 16 Tahun 2018 tanggal 09 Mei 2018, tentang penataan satuan dan pembentukan satuan baru jajaran TNI AD dan surat perintah Kasad nomor Sprin/162/I/2018 tanggal 16 Januari 2018 tentang realisasi pengesahan penataan satuan dan pembentukan satuan baru jajaran TNI AD.

Sambowo menjelaskan, keberadaan Rumkit Tingkat IV 18.07.02 J.A. Dimara Kesdam XVIII Kasuari di Manokwari, merupakan salah satu instalasi pelayanan kesehatan di Jajaran Kodam XVIII Kasuari dengan tugas pokoknya memberikan dukungan dan pelayanan kesehatan terhadap Prajurit dan PNS Kodam XVIII Kasuari beserta keluarganya sekaligus sebagai bagian dari sistem kesehatan nasional sesuai Undang-undang No 44 tahun 2009 tentang dimana Rumah Sakit Tentara juga mempunyai tanggung jawab sosial berupa pelayanan kesehatan terhadap masyarakat umum.

Sambowo mengungkapkan, Rumkit Tingkat IV 18.07.02. J. A. Dimara Manokwari ini, awalnya adalah Rumkitban yang statusnya di bawah Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 18.04.01 Sorong.

Dengan adanya peningkatan status, maka Rumkit Tingkat IV 18.07.02 J.A. Dimara Manokwari jelas akan diikuti dengan peningkatan pelayanan seperti pelayanan Dokter Spesialis, Alat Diagnostik dan Instalasi Gawat Darurat yang cepat dan tepat pelayanannya sesuai yang kita harapkan bersama.

Sambowo berharap, manajemen Rumkit IV 18.07.02 J.A. Dimara Manokwari, segera berbenah dan berpacu dengan waktu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik medis maupun para medis sarana dan prasarana alkes yang modern.

“Dukungan Bekkes serta pelayanan yang profesional, representatif dan paripurna, sehingga bisa memberikan kepuasan dan kesembuhan kepada pasien yang berobat dan menjadi salah satu instalasi kesehatan jajaran Kesdam XVIII Kasuari yang patut diandalkan dan dibanggakan,” ujar Sambowo.

Sambowo mengingatkan, agar Rumkit IV 18.07.02 J. A. Dimara Manokwari selain melaksanakan tugas pokoknya memberikan dukungan dan pelayanan kesehatan, maka harus melaksanakan tertib administrasi dan Standard Operasional Prosedur (SOP), sehingga seluruh program dan anggarannya bisa dipertanggung jawabkan dan tidak melanggar peraturan yang berlaku, serta segera berbenah menuju Satker Mandiri yaitu Satker PNPB Yankes.

“Dengan adanya peningkatan status Rumkit diharapkan dapat mempermudah akses bagi Prajurit, PNS, Purnawiraan untuk meningkatkan kesehatannya, karena secanggih apapun tekhnologi kalau tidak di awasi oleh personil yang mempuni, tentunya tidak bisa berjalan dengan baik,” ungkap Sambowo sembari menambahkan semoga Rumkit tersebut lebih maksimal lagi. [CR45-R4]

Dibaca 211 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX