Lantik Pengurus KNPI, Gubernur Minta Pemuda Papua Sukeskan PON 2020 | Pasific Pos.com

| 16 February, 2019 |

Ketua DPP KNPI Rifai Darus melantik pengurus DPD KNPI Papua periode 2018-2021 di Jayapura, Senin, 19 November 2018. Ketua DPP KNPI Rifai Darus melantik pengurus DPD KNPI Papua periode 2018-2021 di Jayapura, Senin, 19 November 2018.

Lantik Pengurus KNPI, Gubernur Minta Pemuda Papua Sukeskan PON 2020

Info Papua Penulis  Selasa, 20 November 2018 09:19 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP.MH, melantik pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) periode 2018-2021 di Jayapura, Senin, (19/11/2018). Hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua DPR Papua, Ketua MRP, Wakil Bupati Tolikara, anggota DPR RI perwakilan Papua dan tamu undangan lainnya.

Gubernur Papua Lukas Enembe dalam sambutannya, minta kepada pemuda Papua ikut terlibat dalam pelaksanaan PON XX tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Bumi Cenderawasi.  “PON diselenggarakan di Provinsi Papua yang akan melibatkan pemuda Indonesia, melibatkan pemuda Papua dalam pelaksanaan iven olahraga empat tahunan tersebut,” kata gubernur.

Dalam menyambut PON, kata Gubenrur, pemuda Papua diminta betul-betul menyiapkan dengan baik para pemuda yang akan terlibat dalam ivent olahraga nasional tersebut.  “Pastikan pemuda Papua untuk terlibat dalam PON,” tegasnya.

Oleh karena, KNPI yang saat ini mempunyai pengurus terbanyak se-Indonesia agar kompak agar dapat menunjukkan bahwa pemuda papua dapat melakukan perubahan dan pembangunan bagi Indonesua khususnya Papua. “Saya menyampaikan terimakasih kepada KNPI pusat yang selalu membawa nama baik Papua di tingkat nasional,” katanya lagi.

Kedepannya KNPI dapat melakukam pembinaan terhadap pemuda Papua yang bertanggung jawab. “jika dibina dengan baik pasti akan jadi pemimpian, oleh karena itu, pemuda harus memiliki keterampilan serta bertanggungjawab demi masa depan yang lebih baik,” sambungnya.

Sebab keberadaan KNPI sebagai wadah pemersatu pemuda indonesia khsusunya di papua dengan melalui proses panjang, namun demikian pemuda Papua telah menunjukkan kebangkitan yang luar biasa.

Kepada ketua KNPI yang baru terpilih, Lukas Enembe berharap sebagai ketua KNPI yang baru dapat mengembalikan peran KNPI sebagai corong pemuda dan pembangunan.

“Menghidupkan kembali peran knpi papua merupakan semangat awal knpi sebagai corong pemuda dan ikut menyuarakan persoalan sosial kehidupan kemasyarakatan, sebab pergerakan knpi selama ini stagnan,” ucap Lukas Enembe.

Sementara itu, Ketua KNPI Provinsi Papua    Albertho G. Wanimbo, mengatakan segera melakukan rekruitmen sebanyak 9000 tenaga relawan guna mensukseskan PON di Papua.

“9000 tenaga relawan ini akan ditempatkan di lima kluster terselenggaranya PON 2020 yakni Kota/Kabupaten Jayapura (terhitung satu wilayah), Mimika, Biak, Merauke dan Jayawijaya,” ujarnya.

Menurut Albertho, pemuda Papua memiliki banyak potensi hanya saja tidak banyak cukup ruang yang tersedia untuk memberdayakannya sehingga dengan adanya PON dapat menjadi ajang menggali potensi diri.

Dia menambahkan pemuda Papua sudah siap bersaing dengan pemuda dari daerah lain sehingga dengan adanya PON diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang akan mengawal semua program serta kebijakan pemerintah provinsi setempat.

Dibaca 181 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.