Tantangan dan Tugas Brimob Semakin Berat | Pasific Pos.com

| 26 March, 2019 |

Kapolda Papua Irjen Pol.Martuani Sormin,M.Si, memberikan penghargaan kepada salah satu anggota  pada Upacara Peringatan HUT Ke-73 Korps Brimob Polri Tahun 2018 di Gor Cendrawasih, Rabu (14/11/2018). Kapolda Papua Irjen Pol.Martuani Sormin,M.Si, memberikan penghargaan kepada salah satu anggota pada Upacara Peringatan HUT Ke-73 Korps Brimob Polri Tahun 2018 di Gor Cendrawasih, Rabu (14/11/2018).

Tantangan dan Tugas Brimob Semakin Berat

Kota Jayapura Penulis  Kamis, 15 November 2018 13:13 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

“20 Anggota Brimob Dapat Penghargaan”

 

JAYAPURA- Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Prof.H.Muhammad Tito Karnavian,Ph.D mengingatkan kepada pasukan elit polisi (Brimob) tentang berbagai tantangan tugas kedepan yang akan segera dihadapi yakni pelaksanaan operasi lilin 2018, serta pengamanan tahapan Pemilu tahun  2019 yang saat ini tengah berlangsung.

“Pemilu  2019 memilki karakterristik dan potensi kerawanan yang khas karena antara Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara bersamaan, sehingga berpotensi menimbulkan kompleksitas dalam tahap pengumutan, perhitungan, dan rekapitulasi suara. Semua agenda Nasional tersebut harus terselenggara secara aman, lancar, dan damai.” Kata Tito dalam amanatnya yang dibacakan Kapolda Papua Irjen Pol.Martuani Sormin,M.Si pada Upacara Peringatan HUT Ke-73 Korps Brimob Polri Tahun 2018 di Gor Cendrawasih, Rabu (14/11/2018).

Dikatakan melalui berbagai penugasan, Brimob Polri telah menunjukkan kontribusi nyata yang bernilai penting bagi pemeliharaan stabilitas kamtibmas di Indonesia. Sebagai satuan elit Polri, Brimob berhasil dalam mendukung pengamanan Pilkada Serentak 2018 pada 171 wilayah, pengamanan Operasi Ketupat 2018, maupun berbagai even internasional seperti Asian Games 2018, Asian Para Games 2018 dan IMF-Woerd Bank Annual Meeting 2018.

“ Saya juga mengapresiasi peran serta Brimob dalam mendukung terlaksananya operasi penegakan hukum terhadap jaringan terorisme di Sulawesi Tengah dan Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua. Serta berbagai aksi unjuk rasa dengan jumlah masa yang besar. Demikian pula dengan torehan prestasi para pesonel Brimob di berbagai event kejuaraan menembak dan penugasan lain di luar negeri,” ungkapnya.

Ia mengatakan, eksitensi yang telah ditunjukkan satuan Brimob, turut memberikan point positif dalam upaya institusi Polri untuk terus meninngkatkan kepercayaan public.

“ Sebagaimana telah sering saya utarakan, bahwa selaku pimpinan Polri, saya sangat mengharapkan dukungan penuh para personel Brimob, untuk mendukung tugas-tugas penting yang dibebankan kepada Polri,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Papua usai menghadiri syukuran HUT Brimob ke-73 kepada wartawan harapan saya dengan usia yang sudah ke-73 tahun pengabdian Brimob yang tidak terputus menjadi semangat untuk kami didalam era demokrasi ini khususnya dalam pengamanan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 yang menjadi sejarah baru dalam demokrasi Indonesia dimana pelihan Legislatif bersamaan dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

“Harapan kami sesuai Moto sekali palu berlayar berkembang, pantang kembali sekali tampil harus berhasil jiwa ragaku untuk kemanusiaan harus ditunjukkan dalam wujud nyata dalam konteks bingkai NKRI.” Katanya

Dikatakan tantangan kedepan khususnya di Papua ini, masih ada kelompok Kriminal Bersenjata yang ada dibeberapa wilayah spot kita, dan sampai sekarang juga kita masih lakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut, namun medan yang sulit di Papua ini menjadi suatu tantangan yang cukup berat.

“Dengan jumlah personil Brimob saat ini, perlu penambahan khususnya, rencana saya akan membuat kompi baru di Wamena, karena Detasemen baru di Wamena karena Wamena harus kuat untuk membeck up delapan Kabupaten di Pengunungan Tengah.” Katanya

Kepala Satuan Brimob Polda Papua Kombes Pol. Jeremias Rontini,SIK mengatakan, cukup banyak kontribusi yang diberikan pihaknya dalam mewujudkan stabilitas Kamtibmas di Indonesia, khususnya di Papua.

”Saya sebagai Kasat Brimob, kami sudah memberikan kontrubsi yang luar biasa banyak dan besar khususnya dalam pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Pilakada Bupati tahun ini sembari mengatakan ada 20 anggota yang diberikan penghargaan oleh Kapolda Papua adalah teman-teman yang BKO di Tolikara, karena tanggapan dan apresiasi dari masyarakat mampu memberikan kontribusi positif,”terangnya.

Disinggung soal tantangan Brimob dalam menghadapi situasi khususnya kelompok criminal bersenjata, ia mengatakan tantangan utama adalah geografis.

”seperti kemarin kita ke Balingga dengan Bapak Kapolda, baru kemarin itu kita bisa nyampe di Balingga karena ada akses jalan, kalau tidak ada akses jalan bisa sampai berhari-hari, kita jalan karena jalan belum bagus sehingga butuh waktu 4 jam untuk tiba di Balingga.

Dari sisi persenjataan, kami berusaha semaksimal mungkin untuk melyani dengan humanis. ”dalam artian humanis kalau memang tindakan tegas yang harus kami lakukan, ya kami lakukan, tindakan tegas, tapi kalau selama itu bisa kami lakukan humanis, kami kedepankan.”katanya

Syukuran HUT Brimob ke-73 yang di laksanakan di Gor Cendrawasih Jayapura berlangsung sederhana, dan diwarnai dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolda Papua didampingi Ketua Bayangkari Papua, Dansat Brimob didampingi Ketua Cabang Sat Brimobda dan diberikan kepada anggota Brimob tertua Iptu Sudiyono,dan anggota Brimob termuda Bharada Solehudin, serta penyerahan hadiah lomba-lomba dalam rangka HUT Brimob.

Dibaca 123 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX