Atasi KKB, Polda Papua Buat Pos di Lanny Jaya | Pasific Pos.com

| 18 March, 2019 |

Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin

Atasi KKB, Polda Papua Buat Pos di Lanny Jaya

Kriminal Penulis  Selasa, 13 November 2018 20:34 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin mengungkapkan pasca insiden penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata di kawasan Balingga,  pada 2 November lalu, pihaknya telah membangun satu pos pengamanan di Distrik Balingga, Kabupaten Lanny Jaya.

"Pos ini merupakan pos pengamanan sementara. Kebetulan ada rumah guru yang sudah tak ditempati, sehingga kita buat menjadi pos pengamanan, dimana pos itu sendiri akan diisikan kurang lebihsatu plenton personil gabungan TNI/Polri. Dan nanti pos itu akan melakukan pengamanan dan antisipasi gangguan kelompok Puron Wenda," ungkap Sormin kepada wartawan di Mapolda Papua, Selasa (13/11) sore

Kata Sormin, kehadiran pos pengamanan itu diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi warga setempat dari ancaman Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Sebab, lokasi pos berjarak sekitar tiga bukit dari lokasi yang diduga markas KKB pimpinan Purom Wenda itu.

"Awalnya memang Polisi tidak diijinkan masuk ke wilayah Distrik Balingga, namun kami sudah bertemu dengan Tokoh masyarakat dan adat setempat serta pihak DPRD Lanny Jaya sehingga kami diizinkan masuk," tambahnya.

Sementara itu diakuinya, Pemerintah Daerah setempat juga telah mengungsikan para tenaga guru yang berasal dari luar Papua. Sebab para guru takut menjadi sasaran penyerangan KKB seperti peristiwa di Mapenduma.

"Sasaran KKB ini adalah masyarakat pendatang yang berada di wilayah Distrik Balingga. Jadi, Pemda setempat langsung mengambil langkah untuk mengungsikan para guru yang didatangkan dari luar Papua," terangnya.

Kapolda menyatakan situasi keamanan di wilayah itu telah kondusif pasca penembakan KKB. Warga pun telah beraktifitas seperti biasa.

"Pasca penembakan di wilayah itu, kami sudah memukul mundur KKB hingga keluar Distrik Balingga sehingga kami langsung dirikan Pos pengamanan untuk mengamankan daerah itu," pungkasnya.

Dibaca 195 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.