Kadinkes : Rubah Perilaku Kurang Baik Kearah Lebih Baik | Pasific Pos.com

| 21 July, 2019 |

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 di Provinsi Papua. Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 di Provinsi Papua.

Kadinkes : Rubah Perilaku Kurang Baik Kearah Lebih Baik

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Senin, 12 November 2018 20:01 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aloysius Giay mengatakan di Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 ini dirinya meminta masyarakat merubah pola perilaku yang kurang baik kearah lebih lagi.

“Terlebih Papua akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 terutama dalam hal kesehatan lingkungan harus bebas dari malaria dan penyakit tropis lainnya, juga dari sisi prilaku hidup bersih dan sehat, “kata Aloysius, Senin (12/11/2018).

“Tema HKN yakni “Ayo Kita Cinta Sehat” dimulai dari sendiri memberi satu amanat khusus kepada masyarakat Papua untuk membiasakan hidup sehat sehingga hidup kita ini terbiasa dengan hal-hal yang baik, “ujarnya menambahkan.

Pada HKN tahun ini, kata Aloysius, pencapaian pada cakupan pelayanan kesehatan cukup bagus, trennya meningkat, namun diakuinya ada cakupan pelayanan pada program tertentu yang belum mencapai standar nasional.

Eliminasi malaria di Papua masih 30 persen sedangkan diharapkan berada di bawah 5 persen, bahkan, kata dia, 6 cluster dan 4 kabupaten penyangga untuk pelaksanaan PON XX telah ditekankan harus dibawah 1 persen.

“Sementara cakupan lain misalnya mengenai kesehatan ibu dan anak, angka kematian ibu dari 575/100.000 tahun 2013 kita sudah berusaha turunkan smapai 200 kendati belum mencapai standar yakni 120, “ucapnya.

Kematian bayi balita, kendati di daerah tertentu terjadi kejadian luar biasa (KLB), tetapi di Papua sukses menurunkan angka kematian bayi dan balita yakni dari 52/1000 kelahiran hidup tahun 2013 per hari ini telah mencapai 8/1000 kelahiran hidup.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Farid Moeloek dalam sambutannya disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua menyatakan, peringatan HKN ke-54 sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud.

Apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitative.

“Mengubah pola hidup kearah promotive-preventif dengan menekankan pada perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentan pentingnya hidup sehat, “ujar Menteri Nila. (Zulkifli).

Dibaca 171 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.