Sekjen Wantanas Tinjau Pembibitan di Kampung Sereh | Pasific Pos.com

| 22 July, 2019 |

Sekjen Wantanas Tinjau Pembibitan di Kampung Sereh

Kabupaten Jayapura Penulis  Minggu, 11 November 2018 18:09 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, Sekretaris jenderal dewan ketahanan nasional (Sekjen Wantanas), Letjen TNI Doni Monardo meninjau pembibitan di kampung Sereh distrik Sentani kampung kabupaten Jayapura.

Adapun bibit yang ditinjau antara lain bibit cokelat, bibit matoa kelapa , bibit kopi Robusta, bibit durian, bibit sirsak , bibit pinang , bibit nangka , bibit alpukat super.

Sementara itu persemaian yang ditinjau antara lain persemaian caisim , persemaian letuce , persemaian tomat , persemaian pakcoy.
Pada kesempatan ini Letjen TNI Doni Mornando melakukan penanaman secara simbolis bibit pinang.

Tampak hadir Kolonel Inf. Jonathan Binsar P. S (Danrem 172/PWY), Letkol Inf. Johanis Parinussa (Dandim 1701/Jayapura), Yanto Eluay (Anak alm. Theys Eluay) dan rombongan  Wantanas.

Serketaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional meninggalkan kampung  Sereh menuju kantor Advancing Engineering Indonesia.

Febiola Ohee  selaku Manager Advancing Engineering Indonesia menerangkan saat ini adanya listrik tenaga surya dapat membantu anak-anak kampung Sereh untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar. "Dengan cuaca yang terang, semua kegiatan dapat berjalan. Usai belajar mereka juga bisa membantu orang tua menjual sagu, membuat tembikar untuk menambah perekonomian keluarga," ujar Febiola Ohee.

Lebih lanjut dijelaskannya, usaha penerangan dengan tenaga surya ini sudah berjalan mulai tahun 2015. Biaya listrik dari PLTS sehari hanya Rp 50.000,00/kk. Dengan menggunakan listrik tenaga surya kita bisa menghemat anggaran dengan membayar satu bulan Rp 150.000,00/kk. Program pemerintah pusat yaitu *Papua Terang* dan kami masyarakat kampung Sereh sudah memulainya dengan listrik nyala sampai pagi.

PLTS  bisa digunakan 1x24 jam, baik untuk kebutuhan keluarga dan belajar dengan laptop. " Jadi kita tidak merasa bersaing dengan PLN. Kita mengajari masyarakat untuk maju dan tidak gaptek tentang teknologi yang makin modern. Dengan solarsel, listrik makin hemat karena hanya mengandalkan panas matahari tiap harinya. Di Papua dengan adanya PLTS makin terang dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Papua menuju masyarakat yang maju dan mandiri," ujar Febiola Ohee

Dibaca 235 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.