Percepat Kepemilikan Dokumen Kependudukan, Disdukcapil Gelar Rakor | Pasific Pos.com

| 15 November, 2018 |

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura, Edi Susanto ketika memberikan sosialisasi kepada para peserta Rapat Koordinasi Kebijakan Kependudukan di Kabupaten Jayapura Tahun 2018, yang berlangsung di Hotel HoreX Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (8/11/18) Pagi. Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura, Edi Susanto ketika memberikan sosialisasi kepada para peserta Rapat Koordinasi Kebijakan Kependudukan di Kabupaten Jayapura Tahun 2018, yang berlangsung di Hotel HoreX Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (8/11/18) Pagi.

Percepat Kepemilikan Dokumen Kependudukan, Disdukcapil Gelar Rakor

Kabupaten Jayapura Written by  Kamis, 08 November 2018 21:15 font size decrease font size increase font size 0
Rate this item
(0 votes)

SENTANI - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jayapura pada Kamis (8/11/18) pagi sekitar pukul 09.00 WIT, menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Kebijakan Kependudukan di Kabupaten Jayapura tahun 2018.

Rakor yang berlangsung di Hotel HoreX, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura ini dibuka secara langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Jayapura Edi Susanto. Peserta yang mengikuti rapat koordinasi berasal dari Distrik, Kelurahan, WVI dan sejumlah OPD di lingkup Pemkab Jayapura.

Kepada wartawan usai membuka Rakor tersebut, Plt. Kadisdukcapil Kabupaten Jayapura Edi Susanto mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempercepat penerbitan atau kepemilikan dokumen kependudukan bagi masyarakat, terutama warga yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura.

Dalam kegiatan Rakor ini, juga diharapkan nanti ada masukan-masukan yang konstruktif, kemudian ada kesepakatan-kesepakatan kerjasama antar lembaga dengan tujuan untuk mempercepat kepengurusan atau kepemilikan dokumen-dokumen kependudukan bagi warga di daerah yang dikenal dengan Bumi Khenambay Umbay tersebut.

“Baik itu, berupa percepatan kepemilikan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) maupun percepatan kepemilikan akta-akta Pencatatan Sipil lainnya,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura tersebut.

Lebih lanjut Edi Susanto menyampaikan, jika semua pihak sudah sepaham dan seirama guna mewujudkan percepatan dokumen kependudukan ini, maka dalam mendukung program Kabupaten Layak Anak (KLA) di Kabupaten Jayapura, yang mana salah satu indikatornya adalah kepemilikan akta kelahiran bagi anak-anak yang ada di Kabupaten Jayapura itu sudah pasti bisa terwujud.

“Dalam kegiatan Rakor tersebut, juga hadir dari pihak WVI yang nantinya akan membantu dalam rangka mempercepat kepemilikan akta kelahiran bagi anak-ank yang ada di Kabupaten Jayapura, baik itu berupa kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, DPMPTSP, Dinas Sosial serta dinas-dinas terkait lainnya,” paparnya.

Selain itu, kata pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Inspektorat Kabupaten Jayapura itu, dari pihak Pemerintah Tingkat Distrik dan Kelurahan juga ikut hadir dalam kegiatan Rakor tersebut. “Juga kami hadirkan dari distrik dan kelurahan, sehingga ini nanti gerakan-gerakan sadar administrasi kependudukan itu bisa segera terealisasi,” tandas Edi.

Read 36 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.