Ini Kata Wagub Soal Road Show PON 2020 | Pasific Pos.com

| 15 November, 2018 |

Ini Kata Wagub Soal Road Show PON 2020

Info Papua Written by  Kamis, 08 November 2018 21:14 0
Rate this item
(0 votes)

JAKARTA,- Usai berkunjung ke dua kementerian dan lembaga yakni Kementerian Perhubungan dan Kementerian Dalam Negeri di Jakarta dalam road show menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.  Kamis  siang (8/11/2018).

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, sempat menyempatkan waktunya bertemu dengan insan pers guna menjelaskan hasi dari kunjungan ke dua kementerian dan lembaga terkait ini.

Selaku pimpinan delegasi Papua. Wagub Tinal mengatakan sambutan dua kementerian yang dikunjungi delagasi Papua itu mendapatkan sambutan yang sangat baik.

“Hal yang kami sampaikan menyangkut PON. Jadi seperti yang Pak Gubernur (Lukas Enembe-red) sudah sampaikan, dua tahun ini kita fokus pada PON. Supaya PON di Papua, benar – benar bisa membawa dampak yang baik buat Papua dan Indonesia,”tuturnya.

Sebagai provinsi penyelenggara, Papua harus mencapai tiga sukses yaitu, sukses tuan rumah, sukses prestasi dan administrasi.

Dikatakannya, untuk sukses tuan rumah, sudah disiapkan lima claster yakni  Kota/Kabupaten Jayapura, Merauke, Biak Numfor, Mimika dan Jayawijaya dengan empat kabupaten penyangga yakni Keerom, Tolikara, Supiori, Kep. Yapen.

Kemudian demi suksesnya perhelatan pesta olahraga empat tahunan ini, untuk sukses tuan rumah dan prestasi tentunya memerlukan biaya untuk membangun venue maupun perangkat – perangkat yang mensupport akan hal itu.

“Itulah makanya kami koordinasi, dengan Kementerian terkait. Sambutan Menteri sangat luar biasa dan mereka siap untuk membantu sepenuhnya kebutuhan yang diperlukan demi suksesnya PON ini,”katanya.

Seraya memberikan contoh dari hasil pertemuan di Kementerian Perhubungan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, akan membantu berkoordinasi dengan para Dirjen.

Baik itu yang menyangkut laut, darat seperti jalan – jalan atau rambu – rambu dan juga bagaimana mengatur lalu lintas pada saat PON berlangsung.

Kemudian yang berhubungan dengan udara bagaimana, penerbangannya diatur. Disamping itu juga bandara – bandara yang tempat claster – claster nanti. Misalnya tempat kedatangan dan keberangkatan masih belum finish pembangunan dan lain sebagainya.

“Kementerian Perhubungan menyatakan siap membantu pemerintah provinsi dalam hal yang berurusan dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) mereka untuk PON 2020,”terangnya.

Masih menurut Wakil Gubernur Klemen Tinal, demikian juga saat berkunjung ke Kementerian Dalam Negeri yang diterima Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Hukum yang juga mantan Penjabat Gubernur Papua Soedarmo.

“Lewat Sekjen, Pak Mendagri juga berjanji akan membantu. Baik mendukung atau mensupport perubahan atau revisi dari Inpres yang ada. Karena Inpres yang ada saat ini dengan kenyataan yang kita lihat di lapangan. Dimana pada PON nanti kita akan melombakan 45 cabang. Berarti perlu suatu penanganan yang lebih besar,”jelasnya rinci.

 “Ini berarti perlu suatu penanganan yang lebih besar, sehingga Inpres ini harus kita revisi dan untuk revisi ini harus mendapatkan revisi dari menteri – menteri terkait. Dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri siap untuk membantu dan memastikan kesemuanya itu dapat terjadi dengan baik dan juga dengan cepat revisi ini dapat segera selesai,”tukasnya.

Kemudia yang Kedua Kementerian Dalam Negeri siap mendukung dimana, ada dana Infrastruktur tambahan itu yang bisa dibicarakan dengan Bappenas supaya bisa dipakai untuk membantu percepatan daripada Infrastruktur PON.

“Sampai hari ini dari pertemuan – pertemuan ini kami merasa bersyukur bahwa dari awal sampai dengan hari ini semua berjalan dengan baik dan kami harap masyarakat di Papua turut mendukung Road Show ini,”harapnya.

Rencananya hari Jumat (9/11/2018), Wagub Tinal, kembali akan memimpin delegasi Papua ke Kementerian Informasi dan Komunikasi – Republik Indonesia  dan Kementerian Pariwisata – Republik Indonesia. “Mudah – mudahan mereka juga terbuka untuk mendukung Papua sebagai tuan rumah PON, agar rakyat Papua dapat berdaya di tanahnya sendiri,”tandasnya.

Read 44 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.