Sekjen Kemendagri : Venue PON Dibangun Pakai Dana Tambahan Infrastruktur | Pasific Pos.com

| 15 November, 2018 |

Sekjen Kemendagri : Venue PON Dibangun Pakai Dana Tambahan Infrastruktur

Info Papua Written by  Kamis, 08 November 2018 21:13 0
Rate this item
(0 votes)

JAKARTA,-  Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri – Republik Indonesia membantah jika dana Otonomi khusus (Otsus) untuk Papua akan digunakan menunjang suksesnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di provinsi ini.

Dimana sempat berhembus kabar bahwa untuk menunjang PON dana Otsus akan diubah dari 80 persen untuk kabupaten/kota dan 20 persen untuk provinsi persentasinya akan diubah menjadi sebaliknya.

Dimana sebagian besar persentasinya akan diberikan kepada provinsi.

“Dana Otsus tidak dipakai, nanti pakai dana DTI itu tambahan dari Otsus dan itu tersendiri,”tegas Sekertaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri – Republik Indonesia Hadi Probowo kepada wartawan usai bertemu Delegasi Papua pada road show sukseskan PON XX tahun 2020. Kamis (8/11/2018).

Diketahui yang dimaksud dengan dana DTI adalah dana tambahan yang besarnya ditetapkan antara Pemerintah Pusat dengan Dewan Perwakilan Rakyat berdasarkan usulan Provinsi pada setiap tahun anggaran.

Lebih jauh dijelaskannya dari hasil pertemuan bersama delegasi Papua yang dipimpin Wakil Gubernur Klemen Tinal,  bahwa seiring dengan berkembangnya venues untuk PON tahun 2020 di Papua dan juga peningkatan cabang olahraga. Sehingga dirasa untuk alokasi pembiayaan kurang atau mengalami keterbatasan.

Oleh karena itu, pemerintah provinsi datang ke Pemerintah Pusat dan hal ini akan kita fasilitasi dan koordinasikan. Baik dengan Kemenpora, Kementerian PUPR, Bappenas dan juga Kementerian Keuangan agar Inpres No. 10 tahun 2017 tentang percepatan pembangunan Infrastruktur pelaksanaan PON dan Pelan Paralympic tahun 2020 di Provinsi Papua dapat terlaksana demi suksesnya PON di Papua,”kata Hadi.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama satu jam lebih itu. Dari Kementerian dalam Negeri memberikan saran kepada Pemprov Papua bahwa akan memfasilitasi. Sebab tugas Kemendagri kaitannya mendorong, memfasilitasi.

Sedangkan yang kedua didalam aspek regulasi yakni memberikan perlindungan dan memberikan keleluasaan kepada daerah untuk meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur sebagai sarana demi penunjang suksesnya PON 2020.

Read 37 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.