Pengejaran KKB di Lany Jaya Dipimpin Langsung Kapolda Papua | Pasific Pos.com

| 15 November, 2018 |

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM.Kamal Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM.Kamal

Pengejaran KKB di Lany Jaya Dipimpin Langsung Kapolda Papua

Headline Written by  Rabu, 07 November 2018 19:16 font size decrease font size increase font size 0
Rate this item
(0 votes)

“Tetap dilakukan pengejaran Terhadap Porum Enda Hidup Atau Mati”

 

JAYAPURA,- Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin memimpin langsung pengejaran terhadap kelompok kriminal bersejata (KKB) Pimpinan Porum Wenda yang sering melakukan aksi penembakan di wilayah Kabuaten Lanny Jaya.

“Pasca penembakan yang terjadi beberapa waktu lalu yang menewaskan warga sipil, Kapolda Papua langsung turun lapangan untuk melakukan upaya pengejaran terhadap kelompok tersebut,” Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM.Kamal saat diwawancarai di Mapolda Papua, Rabu (7/11) siang.


Kata Kamal, Kapolda Tiba di Lanny Jaya pada Minggu (4/11) lalu tujuannya untuk melihat situasi dan kondisi di distrik Balingga pasca penembakan tersebut, serta Kapolda didampingi pemerintah setelah telah melakukan pertemuan dengan para tokoh dan telah memberikan himbauan dengan kehadiran aparat keamanan.


“Kapolda Sudah turun sejak hari Minggu Lalu, dan telah melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat setempat dan memberikan himbauan akan kehadiran aparat keamanan. Dirinya pun menegaskan kehadiran aparat kemanan yakni untuk melindungi mayarakat serta melakukan upaya hukum terhadap kelompok krminal bersenjata yang sering mengganggu stabilitas keamanan di wilayah tersebut,” tutur Kamal.


Kamal menerangkan sejauh ini aparat kemanan telah menguasai beberapa lokasi yang diduga sebagai masrkas dari kelompok kriminal bersenjata pimpinan Porum Wenda di Lanny Jaya.


“Kami telah menguasai merkas mereka dibeberapa distrik termaksud di Balingga, dan saat ini sudah telah dilakukan langkah-langkah untuk melakukan upaya pengejaran,” ungkapnya.


Lanjut Kamal, dalam pengajarana kekuatan personil saat ini kurang lebih dari 2SST, terdiri dari BKO yang bertugas di Lanny Jaya, anggota Polres, dan TNI, selain itu juga dalam pengejaran akan dipimpin langsung Kapolda Papua.


“Diperkirakan kelompok itu tidak jauh dari markas mereka saat ini. Untuk kekuatan dari kelmpok itu diperkirakan hampir mencapai 40an orang dan mereka dilengkapi dengan senjata api,” terangnya.


Kabid Humas Pun menerangkan, Kapolda Papua telah memberikan himbauan kepada Porum Wenda dan anggotanya segera menyerahkan diri kepada penegah hukum tanpa harus ada upaya paksa.


“Kami menghimbau kepada Porum dan anggotanya untuk segera menyerahkan diri, namun apabila tidak menghindahkan himbauan itu maka dengan segala resiko Kapolda akan melakukan penangkapan terhadap Porum dan anggotanya entah dalam keadaan hidup atau mati,” tegasnya.

Read 113 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.