Sekda : Jangan Sepelekan Tindak Lanjut Rekomendasi BPK | Pasific Pos.com

| 22 February, 2019 |

Sekertaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen Sekertaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen

Sekda : Jangan Sepelekan Tindak Lanjut Rekomendasi BPK

Info Papua Penulis  Rabu, 07 November 2018 19:00 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA, - Tindak lanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan BPK RI merupakan komitmen untuk melakukan perbaikan tata kelola keuangan. Oleh karena itu setiap BPK RI mengeluarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang di antaranya berisi beragam temuan dan rekomendasi maka harus di tindak lanjuti.

“rekomendasi BPK ini terkadang disepelekan namun menjadi sangat penting. Sebab menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaporan pertanggungjawaban keuangan pemerintah daerah,” tegas Sekertaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen pada Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) di Jayapura beberapa waktu lalu.

Sekda menjelaskan, Pemerintah Provinsi Papua selalu menindaklanjuti rekomendasi BPK. “sejak tahun 1981 sampai saat ini pemerintah Provinsi Papua selalu menindaklanjuti rekomendasi hasil audit keuangan oleh BPK. Puji Tuhan kami sekarang sudah mencapai 80 persen, bagaimana penyelesaian tidak lanjut dari tahun 1981 hingga sekarang.

“Saya harap kabupaten/kota juga dapat menindaklanjuti setiap rekomendasi BPK. Bagaimana BPK memberikan rekomendasi terhadap kita, dan juga memberikan opini terhadap kita, selain aset dan pertanggung jawaban lainnya yang mempunyai poin sangat penting," kata Hery.

Oleh karena itu, Inspektorat baik Provinsi dan Kabupaten Kota di Papua, dituntut untuk terus membuat level yang lebih baik, bagaimana mengawasi sistem pengendalian internal dalam lingkungan kerja. Meski ada berbagai tekanan maupun kekuatan yang lebih besar dari pimpinan yang menjadi kendala.

"Selama kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur, Klemen Tinal di periode lalu, audit dilakukan Inspektorat dalam semua aspek penyelenggaraan pemerintahan termasuk didalamnya Gubernur, Wakil Gubernur juga Sekda. Inspektorat melakukan revieuw semuanya sehingga ketika ada laporan pengaduan masyarakat yang langsung ke APH (Aparat Penegak Hukum) maka tidak semena mena untuk kepentingan tertentu, untuk mengintevensi oleh aparatur negara bahkan ada yang jadi ATM," urai Hery dihadapan para Inspektur dari 29 kabupaten kota

"Saya harap inspektorat kabupaten kota sudah lakukan kerja sama dengan aparat penegak hukum dimana inspektur menjadi leading sektor yang harus kuat kokoh menjadi benteng pemerintah," harapnya.

"Saya harapkan kerja keras dan tanggung jawab kalian semua dalam mengawasi, membentengi, mereview penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan,"harapnya lagi.

Dibaca 132 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX