Masyarakat Yapen Barat Minta Gubernur Bangun Infrastruktur Jalan dan Perumahan | Pasific Pos.com

| 15 November, 2018 |

Anggota DPR Papua, Boy Markus Dawir saat foto bersama puluhan masyarakat Yapen Barat usai di halaman Kantor DPR Papua, Selasa (7/11/18). Anggota DPR Papua, Boy Markus Dawir saat foto bersama puluhan masyarakat Yapen Barat usai di halaman Kantor DPR Papua, Selasa (7/11/18).

Masyarakat Yapen Barat Minta Gubernur Bangun Infrastruktur Jalan dan Perumahan

Lintas Daerah Written by  Rabu, 07 November 2018 10:58 0
Rate this item
(0 votes)

ayapura, - Puluhan tokoh masyarakat dari Distrik Yapen Barat, Kabupaten Kepulauan Yapen mendatangi DPR Papua dalam rangka menyampaikan aspirasi untuk meminta agar Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH bersama Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM memberikan perhatian penuh terhadap daerahnya itu.

Sebab menurut masyarakat setempat khususnya di Yapen Barat, dalam Pilgub lalu, Distrik Yapen Barat telah memenangkan pasangan gubernur Lukas Enembe - Klemen Tinal hingga mencapai 90 persen.

 

Ketua Relawan Yapen Barat Bersatu (YBB) yang juga sebagai Tokoh Masyarakat Yapen Barat, Nikson Aronggear mengaku mendatangi DPR Papua mewakili masyarakat Distrik Yapen untuk menyampaikan aspirasi kepada Gubernur Lukas Enembe agar memberikan perhatian serius untuk pembangunan di daerahnya.

 

"Kehadiran kami di DPR Papua, untuk meminta supaya pak Gubernur Lukas Enembe dapat melihat kami di sini masyarakat Yapen Barat,“ kata Nikso kepada Wartawann usai menemui Anggota DPR Papua, Boy Markus Dawir di DPR Papua, Selasa (6/11/18)).


Oleh karena itu, ia berharap Gubernur Lukas Enembe secepatnya membangun jalan Trans Papua terutama di Yapen Barat yang selama ini belum dibangun dengan baik, termasuk jembatannya.


Nikson mengungkapkan, hingga saat ini, jalan dari Kota Serui hingga ke Distrik Yapen Barat itu, belum diaspal dan sepanjang jalan rusak.


"Jadi masyarakat ingin agar akses jalan itu diperbaiki, sehingga dapat membantu masyarakat Yapen Barat saat hendak menjual hasil bumi selain itu juga meningkatkan perekonomian di daerah itu," ujar Nikson.


Selain itu, Nikson Aronggear, juga meminta agar Pemprov Papua membangun rumah layak huni bagi warga di daerah itu. Sebab, masih banyak warga yang tinggal di rumah yang terbuat dari atas daun sagu.


Bahkan, Nikson Aronggear juga meminta Pemprov Papua dapat memekarkan kampung yang ada di daerah Yapen Barat agar masyarakat di daerah itu bisa lebih maju.


“Kami ini tim relawan Yapen Barat Bersatu (YBB) yang sudah memenangkan Lukmen jilid II di Yapen. Jadi kami harap pak gubernur dapat?memperhatikan kami,“ tandasnya.


Sementara itu, Anggota DPR Papua, Boy Markus Dawir dari Dapil Saireri mengakui telah menerima aspirasi dari para tokoh masyarakat Distrik Yapen Barat, Kepulauan Yapen itu.


“Aspirasinya antara lain meminta pembangunan rumah layak huni karena memang sampai hari ini, masih banyak rumah masyarakat yang atapnya masih menggunakan dari daun sagu atau daun bobo, begitu pula dengan dinding rumah mereka masih menggunakan daun sagu atau daun bobo,“ ungkapnya.


Selain itu lanjut BMD, mereka juga meminta pemerintah pusat lewat Kementerian PUPR untuk bisa membantu baik pembangunan jalan maupun perumahan serta air bersih di Distrik Yapen Barat.


"Jadi kebutuhan Yapen Barat sendiri mereka minta kurang lebih seribu rumah untuk distrik yang terpilih dari satu kelurahan dan 16 kampung,“ ujar BMD.


Terkait soal permintaan mereka untuk rumah layak huni, Boy Dawir menjelaskan, jika masih ada 1 rumah didiami 3 - 10 kepala keluarga.


“Nah ini yang akhirnya menjadi perhatian kita untuk bagaimana kita bisa menyiapkan rumah layak huni bagi masyakarat asli Papua yang ada di kampung-kampung khususnya di Yapen Barat,“ tandas BMD.


Boy Dawir menambahkan, sebenarnya itu tugas dan tanggungjawab bupati setempat untuk melaporkan hal ini, tetapi para tokoh masyarakat ini sudah dari tahun ke tahun menyatakan tidak ada perubahan.


“Jadi ini khusus masalah rumah tinggal sehingga hari ini mereka datang mengadu ke DPR Papua. Dan kedua, terkait masalah pelayanan air bersih pada 10 kampung di Yapen Barat. Ya, kami harap aspirasi ini dapat diperhatikan oleh Gubernur, apalagi mereka sampaikan distrik itu sudah memenangkan Lukmen 98 persen,“ pungkasnya. (TIARA)

Read 39 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

INDEX