Anggota Polres Manokwari Jaring Puluhan Kendaraan Bermotor di Depan Toko KIA | Pasific Pos.com

| 15 November, 2018 |

Anggota Polres Manokwari Jaring Puluhan Kendaraan Bermotor di Depan Toko KIA

Papua Barat Written by  Selasa, 06 November 2018 12:18 0
Rate this item
(0 votes)

Manokwari, TP – Aparat Polres Manokwari berhasil mengamankan puluhan sepeda motor dan mobil dalam Operasi Zebra 2018 di Jl. Trikora, Wosi, Manokwari, tepatnya di depan Toko KIA, Senin (5/11).

Wakapolres Manokwari, Kompol Winarto mengatakan, dalam operasi hari kelima ini, Polres Manokwari menerjunkan semua unsur di Polres Manokwari.

Menurut Winarto, jumlah kendaraan yang terjaring setiap hari bervariasi, tetapi dari jumlah kendaraan yang dirazia berjumlah ratusan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

“Kalau dari pelanggaran didominasi kendaraan roda dua dan pelanggaran kebanyakan tidak menggunakan helm. Pengendara yang terjaring razia langsung kita berikan penilangan. Saya harap masyarakat yang memiliki kendaraan supaya melengkapi diri, baik SIM dan STNK,” pinta Wakapolres.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Manokwari, Iptu Tatak Heru Latif menegaskan, setiap pelanggaran lalu lintas langsung menyelesaikannya di pengadilan berdasarkan jenis pelanggarannya.

“Apabila ada pengendara yang ingin membayar langsung bisa saja itu, disebut titip. Pembayarannya sesuai jenis pelanggaran, tidak ada tambahan,” ujar Latif.

Ditambahkan Kasat Lantas, dalam operasi ini, selain mengadakan razia terhadap pelanggaran lalu lintas, pihak kepolisian juga mengantisipasi kasus curanmor, pemeriksaan senjata tajam (sajam), dan obat-obatan terlarang.

“Kita masih fokus dalam pelaksanaan Operasi Zebra terkait pelanggaran lalu lintas. Setelah selesai nanti kita inventarisir, identifikasi kendaraan mana yang tidak ada kelengkapan, kemudian kita padukan data laporan yang ada di Reskrim,” katanya.

Menurut Latif, razia juga diprioritaskan terhadap sajam dan jika ditemukan langsung dikenakan Undang-undang Darurat. Diakui Kasat Lantas, dari hasil inventarisir beberapa kejadian, pengendara banyak membawa sajam, bahkan merajalela.

“Seperti peristiwa malam kemarin di Jl. Nusantara, Wosi, berawal dari laka lantas, nyaris baku tikam hingga kejar-kejaran menggunakan sajam di tengah jalan. Ini meresahkan. Tadi, kami temukan sajam jenis pisau disimpan di bawah jok motor dan sudah diamankan,” ungkap Kasat Lantas seraya mengatakan, sajam tersebut ditemukan ketika polisi menggeledah jok sepeda motor seorang pengendara.

Dari pantauan Tabura Pos di sela-sela Operasi Zebra, seorang pengendara sepeda motor yang masih memakai baju dinas, tampak kesal setelah diberhentikan polisi gara-gara tidak mengenakan helm ke kantor.

Akhirnya, oknum pegawai ini dikenakan tilang dan sepeda motornya diamankan. Usai razia, puluhan sepeda motor diangkut 6 truk ke Polres Manokwari. [CR45-R1] 

Read 442 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.