100 Pondok Pinang bagi Mama-Mama Papua untuk Tingkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan | Pasific Pos.com

| 15 November, 2018 |

100 Pondok Pinang bagi Mama-Mama Papua untuk Tingkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan

Papua Barat Written by  Selasa, 06 November 2018 12:12 0
Rate this item
(0 votes)

Manokwari, TP - Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan meresmikan 100 unit pondok pinang mama-mama asli Papua kerjasama Dinas Sosial Provinsi Papua Barat dan Asosiasi Gabungan Kontraktor Nasional (GABPEKNAS) Kabupaten Manokwari, di Kampung Maripi Pantai, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, Senin (5/11).

Dikatakannya, pada 2017 lalu telah terbangun 43 unit pondok dan telah diresmikan 3 Agustus 2017 lalu di Kompleks Swapen Perkebunan, Manokwari dan Maret 2018 dirinya menyerahkan bantuan bahan dan peralatan penjualan bagi 43 mama-mama asli Papua penerima bantuan pondak pinang.

“Saya harap kedepan mama-mama asli Papua yang terima bantuan pondok pinang juga diprogramkan kedepan agar ada peralatan dan bahan untuk menunjang usaha mereka,” harap Mandacan saat meresmikan 100 unit pondok pinang di kampung Maripi Pantai, kemarin.

Gubernur menambahkan, bahwa pertemuan dengan 100 mama-mama asli Papua penerima bantuan pondok-pondok pinang ini adalah ketiga kalinya selama menjabat sebagai Gubernur Papua Barat. Gubernur berharap, pondok-pondok pinang ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mama-mama asli Papua dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga. Perlu diketahui, Pemprov Papua Barat memiliki berbagai macam program kerja.

Pondok-pondok ini, kata gubernur, bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat terutama bagi masyarakat yang tingkat perekonomiannya rendah, sehingga dari waktu-kewaktu dapat mengalami perubahan menjadi lebih baik.

Kepada mama-mama asli Papua penerima bantuan, juga diminta menjaganya dengan baik dan selalui memperhatikan kebersihan pondok. Pengelolaannya, bisa menggunakan manajemen usaha yang baik, sehingga mengalami peningkatan yang berarti.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Papua Barat, Lazarus Indouw memberikan apresiasi kepada pemprov Papua Barat yang telah menganggarkan anggaran untuk pembangunan pondok pinang ini. Sehingga, pihaknya dapat membangun pondok-pondok pinang dengan ukuran 2 kali 3 meter sebanyak 100 unit dengan anggaran sebesar Rp. 3,9 miliar dari APBD TA 2018.

Lazarus merincikan, anggaran kontruksi sebesar Rp. 38 juta/unit sehingga untuk 100 unit pondok pinang, mencapai Rp. 3,8 miliar. Kontraktornya diserahkan kepada Gabpeknas dan asosiasi pengusaha asli Papua. Untuk anggaran perencanaan sebesar Rp. 75 juta dan pengawasan sebesar Rp. 64 juta.

Anggaran tersebut kata dia bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus) yang sementara ini dialokasikan untuk kabupaten Manokwari dan Kaimana. Untuk Manokwari sebanyak 90 unit pondok pinang dan kabupaten Kaimana mendapatkan 10 unit pondok pinang.

Bupati Manokwari, Demas P. Mandacan pada kesempatan ini menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemprov Papua Barat karena telah memberikan perhatikan serius untuk pembangunan pondok-pondok pinang di Manokwari.

“Kami berharap dengan perhatian yang diberikan ini, mama-mama asli Papua dapat memanfaatkan bantuan pondok pinang ini dengan baik guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” tukasnya. [FSM-R3] 

Read 440 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.