Bawaslu se-Papua Barat Harus Saling Bersinergi | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Bawaslu se-Papua Barat Harus Saling Bersinergi

Papua Barat Penulis  Jumat, 19 Oktober 2018 11:34 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua Barat menghimbau kepada seluruh komisioner Bawaslu di 13 Kabupaten/kota untuk mengaplikasikan Perbawaslu tahun 2018 dan mensosialisasikannya hingga ke tingkat bawah, panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan (Panwascam).

Himbauan ini disampaikan Ketua Bawaslu Provinsi Papua Barat, Marlyn Momot saat menutup sosialisasi Perbawaslu 2018 di Fujita Hotel Manokwari, Kamis (17/10) malam.

Dirinya berharap, kegiatan yang telah diikuti para komisioner Bawaslu ilmunya dikembangkan dan bisa saling berdiskusi. “Kegiatan ini menjadi hal penting karena kemampuan kita berbeda satu dengan yang lain dalam menyelesaikan masalah. Bagaimana kita melakukan pendekatan dalam mediasi sengketa, bagaimana menyikapi ini dan itu berdasarkan aturan yang ada," ujarnya.

Momot juga mengingatkan agar masing-masing mengedepankan asas pemilu, karena merupakan bagian terpenting dari penyelenggara pemilu, yakni mandiri, jujur dan adil. “Jadi, meskipun keluarga mencalonkan, kita tidak perlu terlibat dalam konflik-konflik yang bukan menjadi urusan kita. Tetapi kita harus tetap menjalankan tugas dan fungsi kita sebagaimana yang diamanatkan dalam UU," ujarnya.

Diakhir sambutannya, kepada seluruh komisioner Bawaslu Momot juga berpesan agar saat muncul sengketa ada komunikasi dan diskusi bersama guna mencari solusinya. “Bukan diam saat ada temuan di lapangan. Tetapi harus segera diatasi dengan selalu berkoordiasi dengan pihaknya dan terus memperkuat fungsi pengawasan disetiap momen-momen penyelenggaraan pemilu,” jelasnya.

Ditegaskannya, menjadi tugas dan tanggungjawab Bawaslu dengan fungsi pengawasannya saat menemukan dan mengklarifikasi jika ada temuan. Segala maca resikonya juga menjadi tanggung jawab Bawaslu. “Untuk itu rutin berkomunikasi dan lakukan pengawasan serta berkoordinasi dengan memberikan informasi kepada Bawaslu provinsi,” tutupnya.[CR47-R3]

Dibaca 222 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.